International Tour de Banyuwangi Ijen 2021 Dibatalkan

International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) tak akan diselenggarakan tahun ini. Pandemi Covid-19 yang belum tuntas membuat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi sebagai penyelenggara tidak ingin berjudi dengan situasi. Sebelumnya, ITdBI juga gagal digelar tahun lalu dengan alasan serupa.

Jika merujuk pada jadwal yang tercantum di laman resmi Union Cycliste Internationale (UCI), ITdBI 2021 harusnya berlangsung 20-23 September. Balapan Ketegori 2.2 ini digelar setelah Tour d'Indonesia (23-28 Agustus) dan Tour de Singkarak (4-12 September).

Akan tetapi, pandemi Covid-19 yang tak kunjung reda membuat Banyuwangi memutuskan untuk mendiadakan ITdBI tahun ini. Rencananya, Pemkab akan berkirim surat resmi ke UCI tentang penundaan ini setelah mereka merilis rangkaian acara Banyuwangi Festival 2021 pada Selasa (16/2) hari ini.

"Kami belajar dari Tour of Thailand tahun lalu. Saat itu para pesertanya, khususnya yang berasal dari luar negeri, harus menjalani karantina terlebih dahulu selama 14 hari sebelum balapan. Kalau harus menerapkan hal ini, akan berat secara anggaran," ucap Kadispora Banyuwangi, Zen Kostolani.

Jika harus menerapkan karantina, maka anggaran yang dikeluarkan pun membengkak. Sebab akomodasi peserta selama masa karantina dibebankan ke pihak penyelenggara. Sementara pendanaan ITdBI mayoritas berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Banyuwangi.

"Daripada kami paksakan menggelarnya tahun ini, izinkan kami cooling down dulu. Semoga pada 2022 nanti, ketika kondisi keuangan sudah stabil, kami bisa mengadakannya kembali," harap Zen.

Sementara itu, Zen memastikan jika event Banyuwangi International BMX akan tetap dilaksanakan tahun ini. Tapi jadwalnya bergeser dari April ke November. Balapan level Hors catégorie (HC) ini bersifat perorangan. Akomodasi ditanggung peserta. Sehingga cost-nya juga tidak banyak.

"Semoga saja penerbangan dunia mulai dibuka pada akhir tahun nanti sehingga para peserta bisa datang ke Banyuwangi," harapnya. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 31

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Humas Banyuwangi


COMMENTS