Tampilan Factor Ostro VAM Milik Chris Froome

Tak ada lagi helm Kask, kacamata Oakley, dan sepeda Pinarello untuk Chris Froome. Pembalap dari Wales memperoleh perlengkapan serta tunggangan baru sejak pindah ke tim Israel Start-Up Nation (ISN). Ia akan berkendara dengan sepeda Factor sepanjang musim ini.

Kepindahan Froome ke ISN bukan hanya mengakhiri kerja sama selama sebelas tahun dengan Ineos Grenadiers (dulu Team Sky). Froome juga berpisah dengan perlengkapan yang selama ini menyertainya dalam balapan. Termasuk sepeda Pinarello. Ia telah meraih tujuh kemenangan Grand Tour dengan merek sepeda asal Italia itu.

Di tim ISN, Froome dipersenjatai dengan Factor Ostro VAM. Sepeda buatan Norfolk, Inggris ini telah digunakan di pemusatan latihannya di California, Amerika Serikat. Ostro VAM adalah salah satu dari sekian banyak road bike ringan namun aero. Sepeda ini dirancang untuk menguasai semua skenario balapan.

"Dengan Ostro VAM, kami dapat mendengarkan masukan awal dari pembalap dan kemudian membuat beberapa perubahan kekakuan kecil untuk mengakomodasi keinginan mereka," kata Rob Gitelis, owner Factor Bikes dalam laman resminya.

Berat frame-nya diklaim 780g untuk ukuran 54 dan dibuat agar sesuai dengan batas berat UCI. Froome akan menggunakan disc brake karena Factor tidak menawarkan opsi rim brake. Sepeda ini didukung dengan grupset Shimano Dura-Ace Di2, wheelset Black Inc, sadel Selle Italia, ban Maxxis, bottom bracket CeramicSpeed, dan bike computer Hammerhead Karoo 2.

"Factor memberi kami layanan yang sangat pribadi. Mereka bersedia menyesuaikan sepeda sesuai kebutuhan pembalap kami," bilang bos ISN, Sylvan Adams seperti yang dilansir Velonews.

Selain Ostro VAM, Factor juga memasok sepeda O2 VAM Disc, sepeda aero ONE Disc, dan SLiCK Disc untuk balapan time trial ke tim ISN. "Kami memiliki tantangan besar dengan kedatangan Chris. Kami membutuhkan sepeda time trial yang top-end. Mereka akan bekerja dengan Chris, dan Chris akan terlibat dengan desain sepedanya," imbuh Adams

Froome dijadwalkan menjalani debut dengan tim baru dan sepeda barunya di Volta ao Algarve pada awal Februar nanti. (mainsepeda)

Spesifikasi
Frameset: Factor OSTRO VAM
Front brake: Shimano Dura-Ace with Swissstop brake pads
Rear brake: Shimano Dura-Ace with Swissstop brake pads
Rotors: SwissStop Catalyst
Brake/shift levers: Shimano Dura-Ace
Front derailleur: Shimano Dura-Ace
Rear derailleur: Shimano Dura-Ace with CeramicSpeed OSPW
Cassette: Shimano Dura-Ace 11-30
Chain: Shimano Dura-Ace
Crankset: Shimano Dura-Ace with 4iiii power meter Size:175
Chainrings: Oval chainrings
Bottom bracket: Ceramic Speed
Wheelset: Black Inc. 30 tubeless
Tyres: Maxxis High road 25mm
Handlebars: Black Inc Integrated Barstem 130 - 38
Handlebar tape: Black Inc
Stem: Black Inc Integrated Barstem
Computer mount: Black Inc/Hammerhead
Pedals: Shimano Dura-Ace PD-R9100
Saddle: Selle Italia Nuvos Boost Evo
Seat post: Factor (OSTRO)
Bottle cages: Elite Superleggero 2.0
Computer: Hammerhead Karoo 2
Seat height (from bottom bracket at centre): 79.4cm

Foto: ISN


COMMENTS