Sejumlah tim melakukan rebranding menjelang bergulirnya WorldTour musim 2021 nanti. Ada yang mengubah namanya secara keseluruhan, ada pula yang hanya memasukkan sponsor baru di belakang namanya. Yang paling gres adalah perubahan Team Sunweb menjadi Team DSM.

Perubahan nama tim sebenarnya hal yang lumrah di balap sepeda profesional. Masuknya sponsor baru atau perubahan sponsor utama bisa menjadi alasan utamanya. Apalagi pada musim 2020 memang tak normal. Membuat tim harus mengencangkan ikat pinggang. Ada pula yang angkat tangan karena ditinggal sponsor.

AG2R La Mondiale menjadi tim pertama yang mengumumkan perubahan nama mereka untuk musim 2021 nanti. Masuknya Citröen sebagai penyokong dana anyar membuat tim ini akan menggunakan nama AG2R Citröen Team pada musim baru nanti. Belum jelas apakah masuknya Citröen juga berdampak ke desain jersey-nya nanti.

Tim yang terdaftar di Polandia, CCC juga dalam proses perubahan wajah untuk musim baru nanti. Setelah CCC sebagai sponsor utama mundur, tim yang dikelola Continuum Sports ini akan diambil alih oleh Want You Cycling, organisasi induk yang menaungi tim UCI ProContinental Circus-Wanty Gobert.

Nama CCC sudah tidak ada dalam daftar tim yang mendaftar untuk balapan WorldTour musim 2021. Dalam laman resmi Union Cycliste Internationale (UCI) sudah memunculkan nama Circus-Wanty Gobert sebagai penggantinya. Hanya saja status mereka masih ditinjau oleh UCI.

Setelah musim 2020 berakhir awal November lalu, satu per satu tim mulai mengumumkan perubahan namanya. Astana untuk pertama kalinya dalam 14 tahun mereka akan menggandeng pihak luar sebagai co-sponsor. Tim asal Kazakhstan tersebut berubah nama menjadi Astana-Premier Tech mulai 1 Januari nanti.

Tak lama berselang, NTT Pro Cycling mengumumkan kabar mereka setelah sempat kelimpungan karena NTT mundur dari sponsor utama. Musim depan mereka akan mengusung nama Qhubeka Assos. Keduanya sudah lama menjadi partner tim yang dikelola Douglas Ryder itu.

Teranyar, Team Sunweb mengumumkan perubahan nama mereka menjadi Team DSM. Konsep rebranding mereka tak sekadar mengubah nama tim. Mereka juga mengubah tampilan jersey dari merah-putih menjadi hitam-biru. Mereka menjadi satu-satunya tim yang sudah memperkenalkan jersey anyar untuk musim 2021.

Selain lima tim di atas, ada dua tim lain yang sedang dalam proses perubahan nama. Pertama adalah Bahrain McLaren. Mereka akan mengusung nama Bahrain Victorious musim depan. Perubahan nama ini memang belum diumumkan secara resmi. Tapi sempat disinggung saat Rod Ellingworth memutuskan pergi baru-baru ini.

Tim kedua yang sedang dalam proses pergantian nama adalah Mitchelton-Scott. Tim asal Australia ini tak lagi didukung Scott. Produsen sepeda yang bermarkas di Swiss itu hijrah ke DSM. Sebagai gantinya mereka menggunakan Bianchi yang meraih banyak sukses bersama Jumbo-Visma.

Dalam rilis UCI awal November lalu, tercantum nama GreenEdge Cycling. Mereka adalah entitas milik Gerry Ryan yang selama ini mengelola Mitchelton-Scott. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 24

Foto: AG2R Citröen Team, Team DSM


COMMENTS