Primoz Roglic Raih Vélo d'Or 2020

Rentetan prestasi dan perjuangan Primoz Roglic (Jumbo-Visma) sepanjang tahun ini diganjar dengan penghargaan Vélo d'Or. Pembalap asal Slovenia ini memang tampil spektakuler. Setelah menjadi runner up Tour de France 2020, Roglic mempertahankan gelarnya di La Vuelta a Espana.

Ada 15 pembalap putra dan putri yang masuk nominasi Vélo d'Or 2020. Selain Roglic, ada nama Julian Alaphilippe (Prancis), Sam Bennett (Irlandia), Remco Evenepoel (Belgia), Caleb Ewan (Australia), Jakob Fuglsang (Denmark), Filippo Ganna (Italia), dan Tao Geoghegan Hart (Inggris).

Kemudian ada Marc Hirschi (Swiss), Daniel Felipe Martinez (Kolombia), Tadej Pogacar (Slovenia), Wout van Aert (Belgia), Mathieu van der Poel (Belanda), serta dua pembalap putri, yakni Anna van der Breggen (Belanda), dan Pauline Ferrand-Prévot (Prancis).

BACA JUGA: Pogacar dan Roglic Masuk Nominasi Vélo d'Or 2020

Berdasarkan hasil pemilihan dewan juri, Roglic lah yang akhirnya menerima penghargaan ini. Selain tampil hebat di Tour de France da La Vuelta, mantan atlet ski jumping ini menjadi juara nasional Slovenia, juara di Tour de l'Ain, dan memenangkan Liège–Bastogne–Liège.

"Saya memeriksa daftar pemenang sebelumnya dan melihat bahwa ini adalah penghargaa yang benar benar penting. Saya ingin mengucapkan banyak terima kasih kepada orang-orang yang memilih saya. Saya mengerti bahwa jurinya adalah kalangan jurnalis dari seluruh dunia, itulah mengapa hal itu sangat menyentuh saya," kata Roglic kepada L'Equipe.

BACA JUGA: Julian Alaphilippe Raih Penghargaan Velo d'or 2019

Pada kesempatan yang sama, Alaphilippe juga mendapatkan penghargaan sebagai pembalap Prancis terbaik. Juara dunia 2020 itu adalah penerima Vélo d'Or 2019 lalu. "Primoz sangat pantas mendapatkan trofi ini. Tahun lalu, saya memiliki musim yang sangat besar untuk memenangkannya. Ini adalah logika mengapa ia menang tahun ini," kata Alaphilippe.

Sementara itu, Velo d'or adalah penghargaan khusus balap sepeda yang dibuat oleh majalah bersepeda Prancis, Velo Magazine sejak 1992. Ajang tahunan ini diberikan kepada pembalap yang dianggap melakukan yang terbaik sepanjang tahun. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 24

Foto: Getty Images


COMMENTS