Pogacar dan Roglic Masuk Nominasi Vélo d'Or 2020
by - November 25, 2020
Pogacar dan Roglic Masuk Nominasi Vélo d'Or 2020
by MainSepeda - November 25, 2020

Tiga juara Grand Tour, yakni Tadej Pogacar (UAE Team Emirates), Primoz Roglic (Jumbo-Visma), Tao Geoghegan Hart (Ineos Grenadiers), akan bersaing memperebutkan gelar Vélo d'Or 2020. Juara dunia road race Julian Julian Alaphilippe (Deceuninck-QuickStep) juga masuk dalam nominasi penghargaan ini.

Pogacar adalah pembalap muda asal Slovenia yang mengejutkan dunia seusai menjuarai Tour de France 2020. Ia mengalahkan rekan senegaranya Primoz Roglic. Seusai gagal di Prancis, Roglic berhasil mempertahankan gelar di La Vuelta a Espana. Sedangkan Geoghegan Hart adalah juara Giro d'Italia 2020.

Vélo d'or adalah penghargaan khusus balap sepeda yang digagas oleh oleh majalah bersepeda asal Prancis, Vélo Magazine sejak 1992. Ajang tahunan ini diberikan kepada pembalap yang dianggap menampilkan aksi terbaik sepanjang tahun.

Pada tahun ini ada 15 pembalap yang masuk dalam nominasi. Selain keempat nama di atas, tercantum pula juara time trial (TT) putra Filippo Ganna (Ineos Grenadiers), dan pembalap Belanda yang meraih gelar juara TT dan road race putri Anna van der Breggen.

Julian Alaphilippe meraih penghargaan Vélo d'Or 2019

Belgia menyantumkan dua wakil. Pertama adalah Remco Evenepoel, bocah ajaib yang tampil hebat di Vuelta a San Juan, Volta ao Algarve, Vuelta a Burgos, dan Tour de Pologne. Sebelum kecelakaan hebat di Il Lombardia, Evenepoel adalah kandidat juara Giro d'Italia.

Nama kedua tentu saja Wout van Aert. Selain tampil hebat bersama Jumbo-Visma di Tour de France 2020, Van Aert juga menjuarai dua balapan bergengsi, yakni Strade Bianche dan Milan-San Remo. Selain itu, rider 26 tahun ini menjadi runner up di kejuaraan dunia road race dan TT.

Tahun lalu penghargaan ini diberikan kepada Alaphilippe. Ia mengungguli Egan Bernal (Ineos Grenadiers) dan Roglic. (mainsepeda)

15 Nominasi Vélo d'Or 2020
Anna van der Breggen (Belanda)
Pauline Ferrand-Prévot (Prancis)
Julian Alaphilippe (Prancis)
Sam Bennett (Irlandia)
Remco Evenepoel (Belgia)
Caleb Ewan (Australia)
Jakob Fuglsang (Denmark)
Filippo Ganna (Italia)
Tao Geoghegan Hart (Inggris)
Marc Hirschi (Swiss)
Daniel Felipe Martinez (Kolombia)
Tadej Pogacar (Slovenia)
Primoz Roglic (Slovenia)
Wout van Aert (Belgia)
Mathieu van der Poel (Belanda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 23

Foto: ASO, L’Équipe


COMMENTS