Podcast Main Sepeda Eps 24: Kecelakaan Sepeda, Jenis Cedera Apa Paling Banyak?

Cycling booming tak hanya membuat banyak orang bersepeda. Kecelakaan saat gowes pun makin sering terjadi. Baik yang minor maupun besar. Oleh karena itu, pada Podcast Main Sepeda episode 24 ini Azrul Ananda dan Johnny Ray akan mengupasnya bersama cyclist sekaligus dokter spesialis ortopedi, dr. Theri Effendi, Sp.OT.

Kini ada begitu banyak pemula turun bersamaan di jalan. Dengan berbagai taraf kemampuan. Sehingga banyak orang membiasakan diri bersepeda. Serta banyak kendaraan bermotor menyesuaikan diri dengan banyaknya sepeda. Tingkat kecelakaan saat gowes pun meninggi.

Belakangan dr.Theri jadi lebih banyak kerjaan karena banyaknya cyclist pemula membutuhkan operasi atau setidaknya perawatan. "Yang paling sering cedera di pergelangan tangan dan bahu karena tangan menumpu ke aspal saat jatuh," ungkap dokter yang hobi gowes nanjak ini.

Ia menjelaskan, saat terjatuh dari sepeda, cyclist biasanya akan reflek menggunakan tangan, telapak, atau bahunya sebagai tumpuan. Imbasnya, cyclist bisa mengalami patah tulang selangka di bahu, patah di tulang radius, atau patah di tulang rusuk karena dada yang terbentur handlebar.

"Kenali tubuh Anda waktu jatuh. Konsultasikan ke dokter Anda. Kalau diperbaiki dengan baik, tulang itu bisa sembuh 100 persen. Fungsinya bisa normal kembali," pesannya

Masih banyak materi "bergizi" yang akan disampaikan dr.Theri. Jadi, pastikan Anda tidak lewatkan Podcast Main Sepeda episode 24. Nantikan premiere podcast-nya pada Rabu, 2 Desember 2020, pukul 16.00 WIB. Hanya di kanal YouTube dan Spotify Mainsepeda. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 23


COMMENTS