Wilier Filante SLR: "Kaki Mengangkang" dan Ukuran Stem Aneh
by - November 10, 2020
Wilier Filante SLR: "Kaki Mengangkang" dan Ukuran Stem Aneh
by MainSepeda - November 10, 2020

Salah satu produsen sepeda tertua Italia, Wilier Triestina, meluncurkan sepeda aero utama barunya. Diberi nama Filante SLR, sepeda khusus disc brake ini memiliki fitur-fitur yang membuatnya beda dengan kebanyakan sepeda aero lain. Yang bisa bikin geleng-geleng kepala, mungkin adalah opsi pilihan panjang stemnya. Ukuran-ukurannya unik, seperti 88, 101, atau 127 mm!

Sebelum kita membahas ukuran stem itu, kita perhatikan dulu fitur utama Filante SLR. Sepeda ini resmi menjadi sepeda aero tertinggi di barisan perusahaan yang sudah berdiri sejak 1906 tersebut.


Seperti sepeda-sepeda aero lain termutakhir, Wilier membuat Filante SLR seringan mungkin. Mereka mengklaim bobot frame hanya 870 gram, hanya selisih 90 gram dengan frame sepeda ringan allrounder mereka, Zero SLR.

Secara bentuk, sekilas tidak ada yang mencolok. Tapi ketika diperhatikan, Wilier membuat bentuk fork depannya "paralel" dengan seatstay belakang. Sama-sama melengkung lebar. Dengan lebar dan tinggi yang sama. Seolah mengangkangi ban depan dan belakang secara imbang. Tujuannya tentu untuk membantu membuat sepeda ini membelah angin lebih baik, dan lebih stabil.


Wilier mengaku sepeda ini tidak hanya efisien membelah angin yang "ditabrak" lurus. Tapi juga stabil menghadapi angin dari berbagai angle.

Nah, bagi yang terbiasa koleksi sepeda, ada catatan khusus bagi yang minat membeli Filante SLR. Perhatikan baik-baik ukuran yang akan dibeli dan panjang stem yang disediakan.


Karena sepeda ini fully integrated dengan handlebar dan stem, maka pembeli harus memakai paket kokpit yang disediakan Wilier. Dan pilihan ukuran panjang stem-nya benar-benar unik. Ada lima pilihan panjang. Yaitu 88, 101, 114, 127, dan 140 mm!

Jangan panik, Wilier memberi panduan. Karena mengukur fit yang pas menuntut lebih dari sekadar panjang stem. Ada kaitannya juga dengan tebal spacer di bawah stem. Menurut Wilier, total ada 240 varian ukuran yang bisa didapatkan dengan kombinasi stem, spacer, dan panjang frame sendiri. Wilier akan segera merilis panduan ukuran secara online.

Soal pilihan warna, ada tiga pilihan menarik khas Wilier. Yaitu red velvet, glossy grey, dan matte black. Produsen ini memang identik dengan warna-warna yang mencolok dan berani. Khas Italia banget! (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 21


Foto: Wilier


COMMENTS