La Vuelta a Espana 2020 - Etape 16
Cort Menang Lagi Setelah Sembuh dari Covid-19
by - November 06, 2020

Magnus Cort (EF Pro Cycling) menang sprint di Ciudad Rodrigo untuk merebut podium pertama di Etape 16 La Vuelta a Espana, Jumat (6/11). Cort mengalahkan Primoz Roglic (Jumbo-Visma) yang harus puas berada di tempat kedua. Meski demikian, Roglic belum tergoyahkan di puncak general classification (GC).

Start dari Salamanca, Etape 16 memiliki rute sepanjang 162 kilometer. Tanjakan Kategori 2 di Puerto El Portillo dan Kategori 1 di Puerto El Robledo menjadi menu utama yang harus disantap para pembalap. Finisnya di medan flat menuju Ciudad Rodrigo.

Cort yang notabene seorang sprinter, berhasil "selamat" di dua tanjakan tersebut. Kemudian ia tancap gas setelah Alejandro Valverde (Movistar) memulai sprint di kilometer pamungkas. Cort berhasil finis pertama disusul Roglic dan Rui Costa (UAE Team Emirates).

Akan tetapi, Rui Costa terdegradasi ke urutan ke-32 akibat langkah berbahaya dalam sprint. Sehingga Dion Smith (Mitchelton-Scott) naik satu tingkat ke posisi ketiga dengan Valverde kemudian menempati peringkat empat.

"Saya tidak pernah yakin saya bisa memenangkannya. Bahkan Saya tidak berani bermimpi untuk memenangkan etape ini," ungkap Cort seusai balapan.

Pria asal Denmark itu menjadi pembalap ketiga setelah Michael Woods dan Hugh Carthy yang memenangkan etape La Vuelta 2020 untuk EF Pro Cycling. Ini adalah kemenangan ketiganya di La Vuelta. Sebelumnya, pembalap 27 tahun itu meraih dua kemenangan pada balapan edisi 2016.

Memenangkan Etape 16 adalah comeback spesial karena Cort sempat terpapar Covid-19 saat sedang balapan di Tirreno-Adriatico, pertengahan September lalu. Ia berhasil pulih setelah menjalani karantina selama beberapa hari.

"Saya sedang dalam performa yang baik ketika kami mulai bangkit kembali setelah istirahat panjang. Kemudian saya sendiri positif Covid-19. Saya sekarang baru berlatih selama tiga minggu sebelum mengikuti La Vuelta. Jadi sangat menyenangkan mendapatkan kemenangan di sini," akunya.

Sementara itu, meraih posisi kedua di Etape 16 membuat Roglic memperlebar gapnya dengan Richard Carapaz (Ineos Grenadiers) menjadi 45 detik. Pembalap asal Slovenia tersebut belum tergoyahkan di puncak GC, dan masih berhak mengenakan jersey merah.

"Saya selalu ingin menjadi pembalap selengkap mungkin. Saya sudah mengatakan sejak awal La Vuelta ini bahwa saya akan mencoba setiap hari untuk melakukan yang terbaik," kata Roglic.

La Vuelta sudah mendekati akhir. Etape 17 pada Sabtu (7/11) besok akan menjadi panggung bagi para climber. Mereka harus menaklukkan Alto de la Covatilla, tanjakan hors categorie (HC) sepanjang 11,7 persen dengan gradien rata-rata 6,9 persen. Inilah etape penentu di La Vuelta tahun ini.

"Masih ada hari besar yang akan datang besok, hari yang menentukan. Kami hanya perlu mempertahankan fokus dan melakukan yang terbaik dan melihat apa artinya," tegas Roglic.

Hasil Etape 16 La Vuelta a Espana 2020 (Top Ten)
1. Magnus Cort (Denmark), EF Pro Cycling 4 jam 4 menit 35 detik
2. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma +0
3. Dion Smith (Selandia Baru), Mitchelton-Scott +0
4. Alejandro Valverde (Spanyol) Movistar +0
5. Richard Carapaz (Ekuador), Ineos Grenadiers +0
6. Felix Grossschartner (Austria), Bora-Hansgrohe +0
7. Dorian Godon (Prancis), AG2R La Mondiale +0
8. Michael Valgren (Denmark), NTT Pro Cycling +0
9. Jasha Sutterlin (Jerman), Sunweb +0
10. Aleksandr Vlasov (Russia), Astana +0

General Classification usai 16 etape dari 18 etape (Top Ten)
1. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma 64 jam 20 menit 31 detik
2. Richard Carapaz (Ekuador), Ineos Grenadiers +45
3. Hugh Carthy (Inggris Raya), EF Pro Cycling +53
4. Dan Martin (Irlandia), Israel Start-Up Nation +1:48
5. Enric Mas (Spanyol), Movistar +3:29
6. Wout Poels (Belanda), Bahrain McLaren +6:21
7. Felix Grossschartner (Austria), Bora-Hansgrohe +7:20
8. Alejandro Valverde (Spanyol), Movistar +8:45
9. Aleksandr Vlasov (Rusia), Astana +8:54
10. David De la Cruz (Spanyol), UAE-Team Emirates +9:29

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 21

Foto: Getty Images, ProCyclingStats


COMMENTS