Jakobsen Membaik, Groenewegen Terancam Skorsing

Apa kabar Fabio Jakobsen? Sprinter andalan tim Deceuninck-QuickStep mengalami celaka di Etape 1 Tour de Pologne 2020, awal Agustus lalu. Jakobsen manabrak barrier dan terlempar ke luar lintasan setelah disikut Dylan Groenewegen (Jumbo-Visma). Bahkan ia sempat mengalami koma.

Jakobsen sudah melewati masa-masa kritisnya. Setelah dirawat selama beberapa hari di Polandia, ia telah diterbangkan ke Belanda, kampung halamannya. Meski begitu ia bisa kembali bersepeda. Gegar otak parah dan cedera wajah membuat Jakobsen fokus masa pemulihan.

Baru-baru ini pembalap 24 tahun tersebut mengabarkan kondisi teranyarnya. Jakobsen rupanya baru menjalani operasi rekonstruksi rahang atas dan bawah sekitar sebulan lalu. Operasinya berjalan lancar. Jahitannya pun sudah dilepas.

"Proses penyembuhan berjalan dengan baik. Tulang yang ditransplantasikan harus tumbuh kuat dan kokoh selama empat bulan ke depan dimulai dari sekarang. Operasi berikutnya dijadwalkan pada 2021 nanti," ungkap jebolan SEG Racing Academy tersebut.

Jahitan di wajah Fabio Jakobsen sudah dilepas

Tentu saja ini menjadi kabar menggembirakan untuk Jakobsen. Apalagi ia kemungkinan besar bisa kembali mengayuh pedal lagi dalam waktu dekat. "Dalam beberapa minggu, puncak panggul saya harus sembuh dan kuat seperti sebelumnya. Sejak saat itu saya perlahan bisa latihan dan bersepeda lagi," akunya.

Sementara itu, media asal Belanda Wielerflits melaporkan bahwa Groenewegen akan diskorsing dari balapan hingga Mei 2021. UCI dilaporkan akan mengumumkan temuannya dan kemudian menetapkan hukuman untuk rider 27 tahun itu pada akhir pekan ini.

Groenewegen sebenarnya juga mengalami akibat tabrakan itu. Ia langsung diskors oleh Jumbo Visma sementara UCI melakukan investigasi penyebab kecelakaan. Kini Groenewegen telah pulih dari cederanya dan mulai berlatih lagi. Ia berharap kan fit dan diizinkan balapan musim depan. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 21

Foto: Getty Images, Rafat Rusek, Instagram Fabio Jakobsen


COMMENTS