La Vuelta a Espana 2020 - Etape 13
Roglic Menang ITT dan Meraih Red Jersey Lagi
by - November 03, 2020

Primoz Roglic (Jumbo-Visma) membuka pekan ketiga La Vuelta a Espana 2020 dengan hasil mengagumkan. Pembalap asal Slovenia tersebut memenangkan Etape 13, Selasa (3/11) malam. Victory ini membawa Roglic ke puncak general classification (GC) dan merebut jersey merah lagi.

Pekan ini adalah babak terakhir sekaligus penentu juara La Vuelta 2020. Etape 13 ini menghadirkan balapan Individual time trial (ITT) sejauh 33,7 kilometer. Start di Muros dan berakhir di puncak Mirador de Ézaro, tanjakan sejauh 1,8 kilometer dengan gradien 14,2 persen.


Roglic meraih kemenangan dengan catatan waktu 46 jam 39 detik di lintasan 33,7 kilometer itu. Ia hanya unggul satu detik dari William Barta (CCC). Pembalap asal Amerika Serikat itu sempat memimpin sebelum dikudeta Roglic. Barta harus puas di posisi kedua di Etape 13.

"Sangat menyenangkan. Sudah lama saya tidak menang time trial," kata runner up Tour de France 2020 ini seusai balapan.

Roglic memiliki kenangan buruk di balapan time trial. Ia kehilangan gelar juara Tour de France gara-gara kalah dari Tadej Pogacar (UAE-Team Emirates) di Etape 20. "Saya merasa kuat, secara mengejutkan. Saya pikir saya akan lebih menderita, tetapi saya pergi dengan cukup baik dan itu cukup baik," imbuhnya.


Sedangkan Richard Carapaz (Ineos Grernadiers) terseok-seok di Etape 13 ini. Mantan rider Movistar tersebut tercecer di posisi tujuh, 49 detik lebih lambat daripada Roglic. "Itu adalah time trial yang sangat sulit, tapi saya sangat senang dengan hasilnya. Kami datang untuk memenangkan Vuelta dan itu masih menjadi tujuan kami," aku Carapaz.

Carapaz menambahkan, hasil Etape 13 tidak menutup peluangnya untuk menjuarai La Vuelta. "Saya pikir La Vuelta masih terbuka. Ada banyak kemungkinan. Akan ada banyak hari yang sangat sulit di mana segalanya bisa berubah," imbuhnya.


Kemenangan ini mengantarkan Roglic kembali ke puncak GC setelah sebelumnya melorot ke posisi runner up di rest day kedua kemarin. Hasil buruk Carapaz di Etape 13 membuat Roglic menjauh dari pembalap asal Ekuador tersebut. Kini keduanya terpaut lebih dari setengah menit.

"Semua orang mengatakan Anda akan membutuhkan waktu, tetapi kita semua memulai pada waktu yang sama dari nol. Kita semua tahu itu bukan hal yang menyenangkan untuk melakukan time trial, tetapi hari ini saya memiliki kaki dan saya dapat melakukannya dengan bagus," imbuh sang juara bertahan.

Berikutnya balapan Etape 14 dimulai Rabu (4/11). Rutenya tak terlampau berat, sekitar 204 kilometer. Balapan dimulai di Logo dan finis di Ourense. Peloton akan jadapan dengan tiga tanjakan Kategori 3. "Kami harus tetap fokus sekarang dan kami akan berjuang sampai akhir," tutur pembalap dari Slovenia ini. (mainsepeda)

Hasil Etape 13 La Vuelta a Espana 2020 (Top Ten)
1. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma 46 menit 39 detik
2. William Barta (Amerika Serikat), CCC +1
3. Nelson Oliveira (Portugal), Movistar +10
4. Hugh Carthy (Inggris) EF Pro Cycling +25
5. Bruno Armirail (Prancis), Groupama-FDJ +41
6. Mattia Cattaneo (Italia), Deceuninck-QuickStep +46
7. Richard Carapaz (Ekuador), Ineos Grenadiers +49
8. Remi Cavagna (Prancis), Deceuninck-QuickStep +58
9. David De la Cruz (Spanyol), UAE-Team Emirates +58
10. Jasha Sütterlin (Jerman), Sunweb +1:07

General Classification usai 13 etape dari 18 etape (Top Ten)
1. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma 49 jam 16 menit 16 detik
2. Richard Carapaz (Ekuador), Ineos Grenadiers +39
3. Hugh Carthy (Inggris Raya), EF Pro Cycling +47
4. Dan Martin (Irlandia), Israel Start-Up Nation +1:42
5. Enric Mas (Spanyol), Movistar +3:23
6. Wout Poels (Belanda), Bahrain McLaren +6:15
7. Felix Grossschartner (Austria), Bora-Hansgrohe +7:14
8. Alejandro Valverde (Spanyol), Movistar +8:39
9. Aleksandr Vlasov (Rusia), Astana +8:48
10. David De la Cruz (Spanyol), UAE-Team Emirates +9:23 

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 20

Foto: Getty Images


COMMENTS