La Vuelta a Espana 2020 - Etape 10
Ulang Tahun, Menang, dan Merah Lagi
by - October 30, 2020

Primoz Roglic (Jumbo-Visma) tak membiarkan Richard Carapaz (Ineos Grenadiers) berlama-lama di puncak general classification dan menguasai jersey merah. Pembalap asal Slovenia tersebut berhasil melengserkan Carapaz setelah memenangkan Etape 10, Jumat (30/10) malam.

Roglic meraih podium di Etape 10 berkat manuver kencangnya di 150 meter menjelang finis di Suances. Ini adalah kemenangan ketiganya di La Vuelta a Espana 2020, sekaligus kemenangan etape kesepuluh di ajang Grand Tour.

"Apa yang bisa saya katakan? Saya sangat senang. Tidak pernah mudah untuk menang, tapi saya memiliki kekuatan, dan itu benar-benar bagus," ucap Roglic seusai pertandingan.

Kemenangan ini terasa sangat spesial karena Roglic baru saja merayakan ulang tahun ke-31 pada Kamis (29/10) kemarin. "Sekarang saya satu tahun lebih tua dan lebih kuat. Seperti anggur, semakin tua semakin baik," terangnya.

Etape 10 sebenarnya didominasi rute flat. Berangkat dari Castro Urdiales, para pembalap harus melahap medan sepanjang 185 kilometer. Finisnya di Suances yang memiliki gradien 4,5 persen di kilometer terakhirnya.

Brent Van Moer (Lotto Soudal), Pim Ligthart (Total Direct Energie), Jonathan Lastra (Caja Rural-Seguros RGA), dan Alexander Molenaar (Burgos-BH) adalah kelompok kecil yang melakukan breakaway di awal etape. Michal Paluta (CCC) sempat menjadi bagian kelompok ini. Tapi tak lama kemudian ia tercecer dan kembali ke peloton.

Keempat pembalap tersebut meninggalkan peloton dengan gap lebih dari delapan menit di sisa 100 kilometer. Namun selisih waktu tersebut dipangkas hingga kurang dari empat menit saat balapan menyisakan 50 kilometer. Mereka akhirnya tertangkap peloton di sisa 17 kilometer.

Remi Cavagna (Deceuninck-QuickStep) dan Ivo Oliveira (UAE-Team Emirates) beraksi di 10 kilometer terakhir. Namun mereka kembali ke peloton saat balapan menyisakan 4 kilometer.

Carapaz awalnya tampak meyakinkan saat Guillaume Martin (Cofidis) beraksi di sisa 750 meter. Sayangnya Carapaz tergelincir. Sementara Roglic, yang tetap sabar, dengan percaya diri naik dan kemudian melesat di 150 meter terakhir.

Runner up Tour de France 2020 ini benar-benar bergerak super kencang menuju garis finis di Suances. Roglic berhasil finis pertama, sedangkan Carapaz di posisi 14. Kemenangan ini membawa Roglic ke puncak GC dan merebut jersey merah lagi.

"Jersey merah lagi, tapi itu tidak banyak berubah untuk tim kami. Kami perlu menjaga momentum dan fokus. Kita akan balapan di pegunungan akhir pekan ini, jadi kami akan melakukan yang terbaik," tegas Roglic.

Dua mountain stage akan dihadapi para pembalap sebelum rest day kedua. Pertama, para climber akan diuji di Etape 11, Sabtu (31/10) malam. Balapan sepanjang 170 kilometer ini akan finis di puncak Alto de la Farrapona yang memiliki gradien 5,7 persen.

Rute di Etape 12 pun tak kalah kejam. Meski panjangnya "cuma" 109,4 kilometer, para pembalap harus menaklukkan Alto de L'Angliru. Ini adalah tanjakan Hors cat├ęgorie (HC) sepanjang 13,2 kilometer dengan gradien 9,4 persen. Merupakan salah rute terberat di La Vuelta tahun ini. (mainsepeda)

Hasil Etape 10 La Vuelta a Espana 2020 (Top Ten)
1. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma 4 jam 14 menit 11 detik
2. Felix Grossschartner (Austria), Bora-Hansgrohe +0
3. Andrea Bagioli (Italia), Deceuninck-QuickStep +0
4. Alex Aranburu (Spanyol), Astana +0
5. Robert Stannard (Austria), Mitchelton-Scott +0
6. Julien Simon (Prancis), Total Direct Energie +0
7. Daniel Martin (Irlandia), Israel Start-Up Nation +0
8. Guillaume Martin (Prancis), Cofidis +0
9. Jasper Philipsen (Belgia), UAE-Team Emirates +3
10. Magnus Cort (Denmark), EF Pro Cycling +3

General Classification usai 10 etape dari 18 etape (Top Ten)
1. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma 40 jam 25 menit 15 detik
2. Richard Carapaz (Ekuador), Ineos Grenadiers +0
3. Dan Martin (Irlandia), Israel Start-Up Nation +25
4. Hugh Carthy (Inggris Raya), EF Pro Cycling +51
5. Enric Mas (Spanyol) Movistar +1:54
6. Felix Grossschartner (Austria), Bora-Hansgrohe +3:19
7. Esteban Chaves (Colombia), Mitchelton-Scott +3:28
8. Alejandro Valverde (Spanyol), Movistar +3:35
9. Wout Poels (Belanda), Bahrain McLaren +3:47
10. Marc Soler (Spanyol), Movistar +3:52

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 20

Foto: Getty Images, Bettini Photo


COMMENTS