Uphill Sprint, Dan Martin Kalahkan Roglic dan Carapaz

Etape 3 La Vuelta a Espana yang berlangsung Kamis (22/10) malam menjadi milik Dan Martin (Israel Start-Up Nation). Usianya yang sudah lebih dari 34 tahun membuat pembalap asal Irlandia ini menjadi salah satu yang tertua yang meraih kemenangan di La Vuelta.

Dalam etape sepanjang 166,1 kilometer yang berakhir uphill sprint di La Laguna Negra de Vinuesa itu, Dan Martin mengalahkan Prinoz Roglic (Jumbo-Visma) dan Richard Carapaz (Ineos Grenadiers). Kedua nama ini merupakan kandidat juara Vuelta a Espana tahun ini.

"Saya hanya ingin memenangi satu etape untuk tim ini, sebab mereka sangat baik kepada saya. Para sponsor telah mendukung kami selama Covid-19. Tidak ada pemotongan gaji atau semacamnya. Karena itu tim sangat termotivasi saat lockdown. Kami berlatih lebih keras," kata Martin.

Etape 4 ini seharusnya menjadi santapan empuk para sprinter. Sebab rutenya cenderung datar dengan satu tanjakan Kategori 3 di tengah lomba. Lima pembalap langsung melakukan breakaway sejak start di Lodosa. Mereka adalah Mark Donovan (Sunweb), Tosh Van der Sande (Lotto Soudal), Niki Terpstra (Total Direct Energie), Aritz Bagües (Caja Rural-Seguros RGA), dan Willie Smit (Burgos-BH).

Kelimanya tertangkap peloton di 60 kilometer menjelang finis. Kemudian Angel Madrazo (Burgos-BH), Valentin Ferron (Total Direct Energie), Paul Ourselin (Total Direct Energie), dan Hector Saez (Caja Rural-Seguros RGA) membentuk grup kecil dan memimpin di depan. Aksi mereka berakhir di delapan kilometer pamungkas.

Kemudian Kenny Elissonde (Trek-Segafredo) coba menyerang. Tapi ia langsung tertangkap peloton. Enric Mas (Movistar), Sepp Kuss (Jumbo-Visma), dan Felix Grossschartner (Bora-Hansgrohe) berakselerasi di kilometer terakhir. Tapi serangan mereka tak berhasil dan balapan harus ditentukan dengan adu sprint.

Dan Martin memulai sprint lebih awal. Roglic dan Carapaz coba mengejar namun keduanya tak mampu melewati Martin di garis finis. Kemenangan ini sangat emosional untuk mantan pembalap UAE-Team Emirates tersebut. Sebab, ia terakhir kali naik podium saat memenangkan etape 6 Tour de France 2018 silam.

"Jelas dengan cedera saat Tour membuat saya tidak bisa memenangkan satu etape pun. Tetapi saya benar-benar bertekad untuk memenangkan balapan hari ini. Tim bekerja luar biasa. Ini adalah pertama kalinya saya menang balapan sejak anak-anak saya lahir. Jadi benar-benar istimewa," aku Martin.

Sementara itu, Roglic tak beranjak dari puncak general classification. Ia unggul lima detik atas Martin yang berada di posisi kedua, dan 13 detik dari Carapaz di tempat ketiga. Hasil ini membuat pembalap asal Slovenia itu tetap mempertahankan jersey merah.

"Tim melakukan pekerjaan yang luar biasa, membuat saya keluar dari masalah di etape ini. Selain hujan, angin juga bertiup kencang, membuat balapan ini agak sulit. Itu adalah pendakian akhir yang sulit dan cepat dengan banyak serangan di akhir. Saya sangat dekat dengan Martin, tapi ia sedikit lebih kuat hari ini," aku Roglic. (mainsepeda)

Hasil Etape 3 La Vuelta a Espana 2020 (Top Ten)
1. Dan Martin (Irlandia), Israel Start-Up Nation 4 jam 27 menit 49 detik
2. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma +0
3. Richard Carapaz (Ekuador), Ineos Grenadiers +0
4. Wout Poels (Belanda), Bahrain McLaren +4
5. Aleksandr Vlasov (Russia), Astana +7
6. Enric Mas (Spanyol), Movistar +9
7. Felix Grossschartner (Austria), Bora-Hansgrohe +12
8. Hugh Carthy (Inggris Raya), EF Pro Cycling +12
9. Sepp Kuss (Amerika Serikat), Jumbo-Visma +12
10. Clément Champoussin (Prancis), AG2R la Mondiale +24

General Classification usai 3 etape dari 18 etape (Top Ten)
1. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma 12 jam 37 menit 24 detik
2. Dan Martin (Irlandia), Israel Start-Up Nation +5
3. Richard Carapaz (Ekuador), Ineos Grenadiers +13
4. Enric Mas (Spanyol) Movistar +32
5. Hugh Carthy (Inggris Raya), EF Pro Cycling +38
6. Sepp Kuss (Amerika Serikat), Jumbo-Visma +44
7. Felix Grossschartner (Austria), Bora-Hansgrohe +1:17
8. Esteban Chaves (Colombia), Mitchelton-Scott +1:29
9. Marc Soler (Spanyol), Movistar +1:55
10. George Bennett (Selandia Baru), Jumbo-Visma +1:57

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 19

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Getty Images


COMMENTS