Soler Menang, Roglic Pertahankan Red Jersey

Marc Soler (Movistar) memenangkan etape 2 La Vuelta a Espana 2020, Rabu (21/10) malam. Soler memimpin sendirian sejak 15 kilometer menjelang finis. Ini adalah kemenangan pertamanya di ajang Grand Tour sekaligus yang kedua sepanjang musim ini.

Etape kedua membawa pembalap melalui Pamplona ke Lekunberri. Jaraknya 151.6 kilometer. Ada dua tanjakan Kategori 3 di separuh balapan, yakni Puerto de Guiguillano dan Puerto de Urbasa. Santapan utamanya adalah tanjakan Kategori 1 di Alto de San Miguel de Aralar. Panjangnya 9,5 kilometer dengan gradien 7,9 persen.

Lima pembalap langsung melarikan diri sejak 40 kilometer setelah start. Mereka adalah Tim Wellens (Lotto Soudal), Bruno Armirail (Groupama-FDJ), Gonzalo Serrano (Caja Rural-Seguros RGA), Jonathan Hivert (Total Direct Energie), dan Alex Aranburu (Astana). Mereka meninggalkan peloton dengan gap lima menit.

Kelompok breakaway mulai pecah setelah Tim Wellens berakselerasi di 50 kilometer terakhir. Ia memimpin dengan selisih lebih dari satu menit. Akan tetapi dominasi mereka tak bertahan hingga akhir. Satu per satu pembalap breakaway akhirnya tertangkap sekitar 30 kilometer menjelang finis.

Marc Soler memulai aksi solonya di 15 kilometer pamungkas. Sembilan pembalap terus membuntutinya dengan selisih sekitar sepuluh detik. Soler tak terkejar. Pembalap 26 tahun tersebut berhasil mengamankan podium utama di etape kedua ini.

Primoz Roglic (Jumbo-Visma) finis kedua setelah menang sprint atas Dan Martin (Israel Start-Up Nation) dan Richard Carapaz (Ineos Grenadiers).

"Ini adalah kemenangan pertama saya di Grand Tour dan saya sangat senang karenanya. Kemenangan ini membayar kerja keras kami selama tahun yang sangat sulit ini. Kemenangan ini bagus untuk semua tim dan saya hanya bisa berterima kasih atas dukungan mereka," kata Soler.

Sementara itu, Primoz Roglic dibikin kagum dengan penampilan tim Movistar. Mereka benar-benar tampil kuat dan mendominasi balapan. "Soler pantas menang," aku Roglic. Walaupun finis kedua Roglic masih memimpin general classification dan berhak mengenakan jersey merah. (mainsepeda)

Hasil Etape 2 La Vuelta a Espana 2020 (Top Ten)
1. Marc Soler (Spanyol), Movistar 3 jam 47 menit 4 detik
2. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma +19
3. Dan Martin (Irandial), Israel Start-Up Nation +19
4. Richard Carapaz (Ekuador), Ineos Grenadiers +19
5. Alejandro Valverde (Spanyol), Movistar +19
6. Enric Mas (Spanyol), Movistar +19
7. Esteban Chaves (Kolombia), Mitchelton-Scott +19
8. Hugh Carthy (Inggris Raya), EF Pro Cycling +19
9. Sepp Kuss (Amerika Serikat), Jumbo-Visma +19
10. George Bennett (Selandia Baru), Jumbo-Visma +19

General Classification usai 2 etape dari 18 etape (Top Ten)
1. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma 8 jam 9 menit 41 detik
2. Dan Martin (Irlandia), Israel Start-Up Nation +9
3. Richard Carapaz (Ekuador), Ineos Grenadiers +11
4. Esteban Chaves (Colombia), Mitchelton-Scott +17
5. Enric Mas (Spanyol) Movistar +17
6. Hugh Carthy (Inggris Raya), EF Pro Cycling +20
7. Sepp Kuss (Amerika Serikat), Jumbo-Visma +26
8. George Bennett (Selandia Baru), Jumbo-Visma +56
9. Felix Grossschartner (Austria), Bora-Hansgrohe +59
10. Marc Soler (Spanyol), Movistar +1:04

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 19

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Getty Images


COMMENTS