Demare Menang Kali Keempat, Sagan Lagi-lagi Runner-up

Arnaud Demare (Groupama-FDJ) mengoleksi empat kemenangan keempatnya di Giro d'Italia 2020. Pembalap asal Prancis itu mengalahkan Peter Sagan (Bora-Hansgrohe) dalam adu sprint untuk mengunci kemenangan di etape 11, Rabu (14/10) malam.

Etape 11 menyuguhkan balapanm sejauh 182 kilometer dari Porto Sant'Elpidio ke Rimini. Setelah Mitchelton-Scott dan Jumbo-Visma mengundurkan diri, serta Michael Matthews (Sunweb) yang positif Covid-19, hanya tersisa 144 pembalap di garis start.

Lima pembalap melakukan breakaway di awal lomba

Marco Frapporti (Vini Zabu-KTM), Mattia Bais (Androni Giocattoli-Sidermec), Fabio Mazzucco (Bardiani CSF Faizane), Francesco Romano (Bardiani CSF Faizane) dan Sander Armee (Lotto Soudal) tancap gas sejak awal balapan. Mereka meninggalkan peloton dengan selisih lebih dari empat menit.

Romano, Mazzucco, dan Frapporti tercecer kurang dari 40 kilometer menjelang finis. Menyisakan Armee dan Bais di depan. Bais yang mulai melepas setelah Santa Cristina, membuat Armee memimpin sendirian di sisa 20 kilometer. Namun Armee tertangkap peloton di enam kilometer pamungkas.

Groupama-FDJ menguasai balapan dan menugaskan dua pembalap Groupama-FDJ melindungi Demare di 600 meter menjelang finis. Fernando Gaviria (UAE-Team Emirates) dan Sagan membuntuti di belakangnya. Kemudian Gaviria mulai melakukan sprint saat balapan menyisakan 200 meter. Sagan menempelnya.

Tiba-tiba Sagan mengubah arah sprint-nya. Ia mengayunkan sepedanya ke kiri untuk mengikuti jalur sprint Demare. Perubahan arah ini membuatnya kehilangan momentum. Sagan gagal gagal mengejar Demare dan harus merelakan rivalnya itu merebut kemenangan di etape 11.

"Mengesankan, sangat mengesankan. Seluruh tim bergerak untuk membantu saya. Mereka bekerja untuk mengembalikan rombongan breakaway ke peloton dan kecepatan yang sangat tinggi," kata Demare seusai balapan.

Ini adalah victory keempat Demare di Giro tahun ini. Kemenangan itu membuatnya kembali menjaga jarak atas Sagan di point classification. Demare mengoleksi 220 poin, unggul 44 angka dari Sagan. Ia berhasil mempertahankan maglia ciclamino (jersey ungu).

"Rasanya luar biasa. Saya tidak berpikir bisa mendapatkan empat kemenangan etape di sini. Saya juga ingin memberikan selamat kepada seluruh tim. Sebab ini adalah kemenangan mereka juga. Semua orang telah bekerja sangat keras dan pekerjaan itu membuahkan hasil," imbuh Demare.

Sementara itu, hasil etape 11 tidak memengaruhi posisi pembalap di sepuluh besar General Classification (GC). Joao Almeida (Deceuninck-QuickStep) memuncaki GC dan sukses mempertahankan maglia rosa (pink jersey). Almeida unggul 34 detik atas Wilco Kelderman (Sunweb). (mainsepeda)

Hasil Etape 11 Giro d'Italia 2020 (Top Ten)
1. Arnaud Demare (Prancis), Groupama-FDJ 4 jam 3 menit 52 detik
2. Peter Sagan (Slovakia), Bora-Hansgrohe +0
3. Alvaro Jose Hodeg (Kolombia), Deceuninck-Quickstep +0
4. Simone Consonni (Italia), Cofidis +0
5. Rick Zabel (Jerman), Israel Start-Up Nation +0
6. Nico Denz (Jerman), Sunweb +0
7. Fernando Gaviria (Kolombia), UAE-Team Emirates +0
8. Stefano Oldani (Italia), Lotto Soudal +0
9. Jacopo Mosca (Italia), Trek-Segafredo +0
10. Elia Viviani (Italia), Cofidis +0

General Classification usai 11 etape dari 21 etape (Top Ten)
1. Joao Almeida (Portugal), Deceuninck-QuickStep 43 jam 41 menit 57 detik
2. Wilco Kelderman (Belanda), Sunweb +34
3. Pello Bilbao (Spanyol), Bahrain McLaren +43
4. Domenico Pozzovivo (Italia), NTT Pro Cycling +57
5. Vincenzo Nibali (Italia), Trek-Segafredo +1:01
6. Patrick Konrad (Austria), Bora-Hansgrohe +1:15
7. Jai Hindley (Australia), Sunweb +1:19
8. Rafal Majka (Polandia), Bora-Hansgrohe +1:21
9. Fausto Masnada (Italia), CCC +1:36
10. Hermann Pernsteiner (Austria) Bahrain McLaren +1:52

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 18

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Bettini Photo, Getty Images


COMMENTS