Giro d'Italia 2020 - Etape 9
Portugal Pesta, Guerreiro Menang, Almeida Masih Pink
by - October 11, 2020

Dua pembalap Portugal berpesta di etape 9 Giro d'Italia 2020. Ruben Guerreiro (EF Pro Cycling) menjadi pemenang etape setelah mengalahkan Jonathan Castroviejo (Ineos Grenadiers). Sementara Joao Almeida (Deceuninck-QuickStep) mempertahankan maglia rosa (pink jersey) dengan memuncaki General Classification (GC).

Etape 9 yang berlangsung Minggu (11/10) malam, merupakan tahapan penutup sebelum rest day pertama di Giro d'Italia 2020. Setelah menyelesaikan etape 9 ini para pembalap mendapatkan waktu istirahat selama sehari pada Senin (12/10) besok. Mereka akan mengaspal kembali pada Selasa (13/10) nanti.

Etape 9 bukan balapan yang mudah. Pembalap harus menyelesaikan rute sejauh 208 kilometer. Dimulai dari San Salvo dan finis di puncak Roccaraso yang memiliki elevasi lebih dari 1600 meter. Selain itu, ada dua tanjakan Kategori 2 dan dua tanjakan Kategori 1 yang harus dituntaskan para peserta.

Delapan pembalap melakukan breakaway di pertengahan balapan

Guerreiro dan Castroviejo tergabung dalam grup kecil yang melakukan breakaway saat nanjak di Passo Lanciano, sekitar 100 kilometer menjelang finis. Mereka meninggalkan peloton bersama Eduardo Sepulveda (Movistar), Ben O'Connor (NTT), Giovanni Visconti (Vini Zabu-Brado-KTM), Larry Warbasse (AG2R La Mondiale), Kilian Frankiny (Groupama -FDJ) dan Mikkel Bjerg (UAE-Team Emirates).

Visconti, Sepúlveda, dan O'Connor tercecer saat nanjak di Bosco di Sant'Antonio, 27 kilometer menjelang finis. Menyisakan lima pembalap di grup terdepan. Lalu Castroviejo dan Guerreiro bermanuver sejak enam kilometer terakhir. Mereka meninggalkan tiga pembalap lainnya dengan gap hampir satu menit.

Guerreiro dan Castroviejo bersaing ketat sejak enam kilometer terakhir

Castroviejo kembali menyerang di kilometer terakhir. Namun ia tak mampu mengejar Guerreiro di sisa pendakian. Guerreiro meningkatkan kecepatannya di 200 meter pamungkas. Ia berhasil menjuarai etape 9 dengan keunggulan delapan detik atas Castroviejo.

"Akhirnya, kepuasan yang luar biasa setelah begitu banyak finis di tempat kedua. Tim dan saya sangat pantas mendapatkan kemenangan ini," kata Guerreiro seusai balapan.

Selebrasi Guerreiro di atas podium

Ini adalah kemenangan kedua untuk EF di ajang Giro d'Italia 2020. Sebelumnya mereka sukses membawa Jonathan Caicedo sebagai pemenang etape 3. Direktur Olahraga EF Matti Breschel mengaku takjub dengan kemenangan Guerreiro di etape 9. "Ruben membalap seperti seorang juara hari," puji Breschel.

"Ruben hampir memenangkan sebuah etape di Vuelta a Espana tahun lalu. Tahun ini ia mengalami sebuah kemajuan. Bahkan selama lockdown, ia sangat profesional, sangat termotivasi untuk melakukan yang terbaik di Giro ini. Akhirnya, ia meraih kesuksesan," imbuh Breschel.

Joao Almeida menutup pekan pertama Giro d'Italia sebagai pemuncak GC

Kebahagiaan bukan hanya milik Guerreiro dan tim EF saja. Sebab Joao Almeida yang juga berasal dari Portugal, berhasil mempertahankan posisinya di puncak GC. Pembalap 22 tahun itu finis ke-19 di etape 9. Ia terpaut gap hampir dua menit dari Guerreiro. Hasil ini cukup untuk mengamankan statusnya sebagai pemilik pink jersey.

"Saya sangat senang dan berterima kasih kepada seluruh tim. Saya tak akan berhasil tanpa mereka. Saya senang memikirkan bahwa saya akan memulai minggu kedua Giro sebagai pemimpin GC. Itu sesuatu yang tidak pernah saya bayangkan saat memulai balapan ini di Palermo," ungkap Almeida. (mainsepeda)

Hasil Etape 9 Giro d'Italia 2020 (Top Ten)
1. Ruben Guerreiro (Portugal), EF Pro Cycling 5 jam 41 menit 20 detik
2. Jonathan Castroviejo (Spanyol), Ineos Grenadiers +8
3. Mikkel Bjerg (Denmark), UAE-Team Emirates +58
4. Kilian Frankiny (Swiss), Groupama-FDJ +1:16
5. Lawrence Warbasse (Amerika Serikat), AG2R la Mondiale +1:16
6. Tao Geoghegan Hart (Inggris Raya), Ineos Grenadiers +1:19
7. Lucas Hamilton (Australia), Mitchelton-Scott +1:32
8. Wilco Kelderman (Belanda), Sunweb +1:38
9. Jakob Fuglsang (Denmark), Astana +1:38
10. Jai Hindley (Australia), Sunweb +1:38

General Classification usai 9 etape dari 21 etape (Top Ten)
1. Joao Almeida (Portugal), Deceuninck-QuickStep 35 jam 35 menit 50 detik
2. Wilco Kelderman (Belanda), Sunweb +30
3. Pello Bilbao (Spanyol), Bahrain McLaren +39
4. Domenico Pozzovivo (Italia), NTT Pro Cycling +53
5. Vincenzo Nibali (Italia), Trek-Segafredo +57
6. Jakob Fuglsang (Denmark), Astana +1:01
7. Harm Vanhoucke (Belgia), Lotto Soudal +1:02
8. Patrick Konrad (Austria), Bora-Hansgrohe +1:11
9. Jai Hindley (Australia), Sunweb +1:15
10. Rafal Majka (Polandia), Bora-Hansgrohe +1:17

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 17

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Getty Images


COMMENTS