UCI Road World Championships 2020
Chloe Dygert Nyemplung Jurang, Van Der Breggen Juara Dunia ITT
by - September 24, 2020

Sungguh nahas nasib Chloe Dygert (Amerika Serikat). Dia nyemplung jurang saat tampil di UCI Road World Championships 2020 di Imola, Italia, Kamis (24/9) malam. Kecelakaan itu membuatnya gagal mempertahankan mahkota juara dunia Women Elite Individual Time Trial (ITT).

Awalnya semua tampak normal untuk pembalap 23 tahun tersebut. Bahkan dia mencatatkan waktu tercepat di timing point 1 di Borgo Tossignano. Tapi petaka terjadi setelahnya. Dygert gagal mengendalikan sepedanya saat melintasi sebuah tikungan. Akibatnya, dia terperosok ke jurang dengan kecepatan hampir 50 km/jam!

Chloe Dygert tampil dominan sebelum mengalami kecelakaan horor

Pagar pembatas di tikungan tersebut sebenarnya sudah dilapisi oleh bantalan pelindung. Cukup tinggi dan tebal. Sialnya, Dygert menabrak pagar yang tidak berpelindung. Dia tidak bisa melanjutkan balapan dan dinyatakan gagal finis di balapan sepanjang 31,7 kilometer tersebut.

Menurut update di berbagai media, Dygert dalam keadaan sadar dan bisa berkomunikasi dengan petugas medis yang menolongnya dari kecelakaan horor itu. Dygert sudah diangkut menggunakan ambulans. Kemudian dipindah ke helikopter untuk dibawa ke rumah sakit terdekat.

Chloe Dygert sudah dievakuasi oleh petugas medis

Kecelakaan Dygert membawa keuntungan bagi Anna van der Breggen. Pembalap 30 tahun dari Belanda ini menjadi juara dunia baru nomor ITT. Mencatatkan waktu 40 menit 20 detik, Van Der Breggen unggul 15 detik atas runner up Marlen Reusser (Swiss).

Ini adalah gelar juara dunia ITT pertamanya. Sebelumnya, Van der Breggen menjadi runner up pada musim 2015, 2017, 2018, dan 2019. "Setelah begitu banyak menjadi runner up, akhirnya saya menjadi juara. Saya masih tidak mempercayainya," kata peraih medali emas di Olimpiade 2016 ini.

Van der Breggen melaju di Autodromo Enzo e Dino Ferrari di Imola

Van der Breggen sempat tertinggal sepuluh detik dari Marlen Reusser dan setengah menit dari Dygert di timing point 1. Namun dia meminta Direktur Olahraga Danny Stam untuk tidak mengungkapkan hasil timing point 1. Cara ini terbukti ampuh. Van der Breggen berhasil meningkatkan kecepatannya dan menjadi juara dunia ITT.

"Saya hanya ingin melaju secepat mungkin. Ketika saya telah melewati garis finis, saya baru tahu jika saya telah menang," ucap juara dunia road race 2018 ini.

Podium Women Elite Individual Time Trial (ITT)

Van der Breggen masih akan tampil dalam balapan Women Elite Road Race, Jumat (25/9) besok. Oleh sebab itu, dia ingin memaksimalkan waktu istirahatnya, dan fokus mendapatkan hasil terbaik di balapan nanti. (mainsepeda)

Hasil Women Elite Individual Time Trial (Top Ten)
1. Anna van der Breggen (Belanda) 40 menit 20 detik
2. Marlen Reusser (Swiss) +15
3. Ellen van Dijk (Belanda) +31
4. Lisa Brennauer (Jerman) +45
5. Grace Brown (Australia) +1:01
6. Amber Neben (Amerika Serikat) +1:20
7. Emma Norsgaard (Denmark) +1:22
8. Mieke Kroger (Jerman) +1:31
9. Laurens Stephens (Amerika Serikat) +1:43
10. Vittoria Bussi (Italia) +1:46

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 15

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Getty Images


COMMENTS