Soren Kragh Andersen (Sunweb) menjadi yang tercepat di etape 19 Tour de France 2020, Jumat (18/9) malam. Ia memimpin sendirian sejak 16 kilometer terakhir. Ini adalah kemenangan kedua untuk pembalap asal Denmark tersebut, sekaligus victory ketiga bagi tim Sunweb.

Etape 19 membentang dari Bourg-en-Bresse menuju Champagnole. Panjangnya 166,5 kilometer. Etape ini tidak murni flat, karena hampir konstan naik turun hingga finis.

Balapan dibuka dengan manuver tunggal Rémi Cavagna (Deceuninck-QuickStep). Juara Individual Time Trial (ITT) Prancis ini baru tertangkap oleh pembalap lain setelah intermediate sprint di Mournans, sekitar 50 kilometer menjelang finis.

Setelah itu lomba dikendalikan oleh 12 pembalap. Mayoritas adalah sprinter. Tiga kandidat pemenang green jersey, yakni Sam Bennett (Deceuninck-QuickStep), Peter Sagan (Bora-Hansgrohe) dan Matteo Trentin (CCC) termasuk dalam grup kecil ini.

Kragh Andersen kemudian melepaskan serangan di 16 kilometer terakhir. Ia berhasil membuat jarak dengan belasan pembalap yang berupaya mengejarnya. Pembalap 26 tahun ini tak tersentuh hingga melintasi garis akhir di Champagnole. Ia unggul hampir satu menit atas kelompok pengejarnya.

Ini adalah kemenangan keduanya di TdF. Sebelumnya, Kragh Andersen menjadi yang tercepat di etape 14 di Lyon. "Dua kemenangan di Tour de France yang sama. Saya tidak dapat berkata-kata. Saya tidak pernah bisa memimpikan sesuatu yang lebih baik dari ini," katanya.

Kragh Andersen menambahkan, momen untuk memenangkan etape 19 datang setelah Trentin menyerang dengan sangat keras di 17 kilometer terakhir. Momen tersebut ia maksimalkan untuk meninggalkan belasan pembalap di grup terdepan.Ternyata aksinyanya berjalan sangat sukses.

"Selama sisa hidupku, ini adalah kenangan seumur hidup, aku sangat bahagia," imbuh pembalap yang bergabung dengan Sunweb sejak 2016 itu.

Sementara itu, para kandidat juara TdF finis bersamaan di dalam peloton. Pemegang yellow jersey Primoz Roglic (Jumbo-Visma) menduduki urutan 45, terpaut lebih dari tujuh menit dari Kragh Andersen. Hasil etape 19 belum menggoyahkan posisi Roglic di puncak General Classification (GC).

"Saya merasa baik. Hari ini adalah hari yang baik, dan saya menantikan hari esok," kata juara nasional Slovenia itu dalam wawancara dengan France Télévisions.

Profil rute etape 20 Tour de France 2020

Sabtu (19/9) besok adalah balapan ITT di etape 20. Jaraknya 36,2 kilometer. Ini adalah satu-satunya ITT tahun ini. Ending-nya adalah tanjakan cukup kondang, La Planche des Belles Filles. Walau hanya 5,9 kilometer, kemiringan rata-ratanya mencapai 8,5 persen.

Di penghujung etape ini, pembalap yang mengenakan yellow jersey praktis sudah mengunci gelar juara overall. "Besok semuanya ditentukan oleh saya sendiri. Saya harus melakukan pekerjaan saya," bilang Roglic. (mainsepeda)

Hasil Etape 19 Tour de France 2020 (Top Ten)
1. Soren Kragh Andersen (Denmark), Sunweb 3 jam 36 menit 33 detik
2. Luka Mezgec (Slovenia), Mitchelton-Scott +53 detik
3. Jasper Stuyven (Belgia), Trek-Segafredo +53
4. Greg Van Avermaet (Belgia), CCC +53
5. Oliver Naesen (Belgia), AG2R la Mondiale +53
6. Nikias Arndt (Jerman), Sunweb +53
7. Luke Rowe (Inggris), Ineos Grenadiers +59
8. Sam Bennett (Irlandia), Deceuninck-QuickStep +1:02
9. Peter Sagan (Slovakia), Bora-Hansgrohe +1:02
10. Matteo Trentin (Italia), CCC +1:02

General Classification usai 19 etape dari 21 etape (Top Ten)
1. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma 83 jam 29 menit 41 detik
2. Tadej Pogacar (Slovenia), UAE-Team Emirates +57 detik
3. Miguel Angel Lopez (Kolombia), Astana +1:27
4. Richie Porte (Australia), Trek-Segafredo +3:06
5. Mikel Landa (Spanyol), Bahrain McLaren +3:28
6. Enric Mas (Spanyol), Movistar +4:19
7. Adam Yates (Inggris), Mitchelton-Scott +5:55
8. Rigoberto Uran (Kolombia), EF Pro Cycling +6:05
9. Tom Dumoulin (Belanda), Jumbo-Visma +7:24
10. Alejandro Valverde (Spanyol), Movistar +12:12

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 14

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Getty Images, Bettini Photo, ASO


COMMENTS