Kemenangan Bennett, Kebanggaan Irlandia

Kemenangan Sam Bennett di etape 10 Tour de France 2020, Selasa (8/9) malam tak hanya dirayakan oleh keluarga, rekan, atau tim Deceuninck-QuickStep saja. Kesuksesan tersebut juga dirayakan oleh Republik Irlandia, negara asal pembalap 29 tahun itu.

Bennett naik podium di etape 10 setelah menang sprint lawan dua sprinter top dunia, yakni Caleb Ewan (Lotto-Soudal) dan Peter Sagan (Bora-Hansgrohe). Kesuksesan tersebut semakin lengkap karena Bennett berhasil memuncaki points classification serta merebut green jersey dari tangan Sagan.

Ucapan selamat mengalir deras kepada Bennett. Salah satunya dari Presiden Republik Irlandia Michael D Higgins. Higgins memberikan selamat lewat akun Twitter-nya, Selasa malam.

"Selamat untuk Sam Bennett atas kesuksesannya di Tour de France dengan memenangkan etape Ile de Re. Kemenangan ini membawanya bergabung dengan grup pembalap Irlandia terpilih. Saya mengharapkannya dan pembalap Irlandia lainnya meraih sukses di Tour de France," tulis presiden berusia 79 tahun itu.

Bennett menjadi pembalap Irlandia keenam yang memenangkan etape TdF. Ia bergabung dengan nama-nama hebat macam Shay Elliott, Sean Kelly, Stephen Roche, Martin Earley, dan Dan Martin.

Ucapan selamat atas keberhasilan Bennett juga dilontarkan Komite Olimpiade Irlandia. "Sam Bennett, you beast. Orang Irlandia telah memenangkan etape dalam balapan sepeda paling bergengsi di dunia, Tour de France," sanjung mereka.

Nicolas Roche (Team Sunweb) yang juga berasal dari Irlandia pun turut bangga dengan pencapaian Bennett. Roche sebenarnya mengalami hari buruk di etape 10. Climber 36 tahun itu finis di urutan 156. Meski demikian, ikut senang dengan kemenangan Bennett.

"Ia berhasil memenangkan etape di setiap Grand Tour hanya dalam waktu tiga tahun! Saya adalah orang Irlandia yang ikut bangga," ujar Roche.

Hanya ada tiga pembalap asal Irlandia di TdF tahun ini. Selain Bennett dan Roche, satu nama lainnya adalah Dan Martin (Israel Start-Up Nation). Bennett adalah yang termuda sekaligus terbaik dari ketiga nama saat ini. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 12

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Getty Images


COMMENTS