Tadej Pogacar Juara Etape Termuda

Tadej Pogacar (UAE-Team Emirates) mencetak sejarah baru. Ia menjadi pemenang etape termuda di Tour de France pada abad ke-21. Rider asal Slovenia tersebut menjuarai etape 9 TdF 2020, Minggu (6/9) malam dalam usia 21 tahun 11 bulan, dan 16 hari.

Etape 9 yang melewati pegunungan Pyrenees itu memang cocok untuk para climber. Mereka harus menaklukkan tanjakan Col de la Hourcere, Col de Soudet, lalu Col d'Ichere, dan Col de Marie Blanque (panjang 7,7 km dengan gradien 8,6 persen).

Finisnya terletak 20 kilometer dari puncak Col de Marie Blanque. Jadi, pembalap harus turun dulu panjang sebelum adu cepat di jalanan agak miring ke atas di Laruns! Primoz Roglic (Jumbo-Visma) pernah juara di Laruns pada TdF 2018 lalu. Sayang ia gagal mengulanginya tahun ini.

Tadej Pogacar (kiri) dan Primoz Roglic (kanan) beradu sprint di Laruns.

Ambisi Roglic untuk bernostalgia di Laruns dibuyarkan oleh Pogacar. Juara Individual Time Trial (ITT) Slovenia itu datang dari arah kanan dan berhasil menyalip Roglic di beberapa meter menjelang finis. Pogacar langsung berteriak kegirangan.

"Benar-benar gila. Setelah hari yang berat untuk memenangkan etape, ini benar-benar luar biasa," ungkap Pogacar seusai lomba.

Tadej Pogacar menjadi pemenang etape termuda di Tour de France pada abad ke-21

Ini adalah kemenangan pertamanya di TdF, sekaligus menjadikannya sebagai pemenang etape termuda di TdF pada abad ke-21. Menurutnya, hasil manis ini tak lepas dari kerja keras seluruh elemen di UAE-Team Emirates. Sebelumnya, tim ini berhasil merebut etape pertama melalui Alexander Kristoff

"Saya sangat senang. Tentu ada sedikit kesalahan, tapi kami telah memenangkan dua etape. Jadi sejauh ini sangat bagus," terangnya.

Primoz Roglic mendapatkan yellow jersey pertama sepanjang kariernya di Tour de France.

Sementara itu, Roglic berhasil mengkudeta Adam Yates (Mitchelton-Scott) untuk mendapatkan yellow jersey. Pembalap 30 tahun itu patut berbahagia dengan pencapaiannya di pekan pertama TdF 2020. Sebab ini adalah yellow jersey perdana untuk juara Vuelta a Espana 2019 tersebut.

"Indah. Saya baru pertama kali memilikinya," katanya. "Semua orang memimpikannya. Saat Anda mulai menjadi pembalap, Anda pasti bermimpi untuk memakainya. Jadi saya sangat senang, juga untuk mereka yang melakukan pekerjaan yang luar biasa di tim kami. Pencapaian ini juga untuk mereka," jabarnya.

Sebagai leader di Jumbo-Visma, mendapatkan yellow jersey adalah tugas utama Roglic. Sekarang ia harus berusaha ekstra untuk mempertahankan singgasananya selama mungkin. "Kami hanya perlu mempertahankan fokus dan melakukan yang terbaik setiap hari," katanya santai.

Setelah etape 9 ini para pembalap akan beristirahat selama sehari. Kemudian mereka akan mengarungi etape 10 pada Selasa (8/9) malam. Etape 10 akan berlangsung sepanjang 168,5 kilometer. Dari Ile d'Oleron ke Ile de Re. Rute ini benar-benar datar. Sehingga akan menjadi santapan empuk bagi para sprinter. (mainsepeda)

Hasil Etape 9 Tour de France 2020 (Top Ten)
1. Tadej Pogacar (Slovenia), UAE-Team Emirates 3 jam 55 menit 17 detik
2. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma +0 detik
3. Marc Hirschi (Swiss), Sunweb +0
4. Egan Bernal (Kolombia), Ineos Grenadiers +0
5. Mikel Landa (Spannyol), Bahrain McLaren +0
6. Bauke Mollema (Belanda), Trek-Segafredo +11
7. Guillaume Martin (Prancis), Cofidis +11
8. Romain Bardet (Prancis), Ag2r la Mondiale +11
9. Richie Porte (Australia), Trek-Segafredo +11
10. Rigoberto Uran (Kolombia), EF Pro Cycling +11

General Classification usai 9 dari 21 Etape (Top Ten)
1. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma 38 jam 40 menit 1 detik
2. Egan Bernal (Kolombia), Ineos Grenadiers +21 detik
3. Guillaume Martin (Prancis), Cofidis +28
4. Romain Bardet (Prancis), Ag2r la Mondiale +30
5. Nairo Quintana (Kolombia), Arkea-Samsic +32
6. Rigoberto Uran (Kolombia), EF Pro Cycling +32
7. Tadej Pogacar (Slovenia), UAE-Team Emirates +44
8. Adam Yates (Inggris), Mitchelton-Scott +1:02
9. Miguel Angel Lopez (Kolombia), Astana +1:15
10. Mikel Landa (Spanyol), Bahrain McLaren +1:42

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 12

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Getty Images, Bettini Photo


COMMENTS