Kejutan Lutsenko, Astana Akhiri Puasa Dua Tahun

Tak ada yang menyangka Alexey Lutsenko (Astana) dapat memenangkan etape 6 Tour de France 2020. Akan tetapi, rouleur asal Kazakhstan tersebut berhasil membuktikan kapasitasnya Kamis (3/9) malam ini. Lutsenko melakukannya dengan gagah. Ia finis sendirian di puncak Mont Aigoual.

Etape 6 menempuh perjalanan sejauh 191 kilometer dari Le Teil ke Mont Aigoual. Balapan hari ini ini diakhiri dengan dua tanjakan berturut-turut, dan finisnya di puncak Mont Aigoual. Tanjakan penutupnya tergolong "gampang," hanya 8,3 km dengan kemiringan rata-rata 4 persen.

Tapi, sebelum mencapainya kaki tanjakan ini, pembalap harus melewati dulu tanjakan Kategori 1 menuju Col de la Lusette. Tanjakan ini 11,3 km dengan kemiringan rata-rata 7,3 persen.

Delapan pembalap melakukan breakaway tak lama setelah etape 6 dimulai

Tak lama setelah bendera start dikibarkan, ada delapan pembalap yang melakukan breakaway. Mereka adalah Greg van Avermaet (CCC), Jesús Herrada (Cofidis), Nicolas Roche (Sunweb), Neilson Powless (EF), Daniel Oss (BORA-Hansgrohe), Edvald Boasson Hagen (NTT), Rémi Cavagna (Deceuninck-QuickStep), dan Lutsenko.

Mereka menimpin di hampir keseluruhan lomba. Kemudian Daniel Oss terlempar dari rombongan terdepan menjelang tanjakan Kategori 1 menuju Col de la Lusette. Ia tertangkap peloton di 21 kilometer pamungkas. Kini hanya tersisa tujuh pembalap di baris terdepann.

Lutsenko mulai memperlebar jarak seusai tanjakan Col de la Lusette

Lutsenko mulai meninggalkan para pesaingnya setelah melewati tanjakan Col de la Lusette. Mempertahankan keunggulannya hingga pendakian terakhir di Mont Aigoual, membuat mantan juara dunia U-23 itu berhasil merebut kemenangan etape perdananya di Tour de France.

Lutsenko menyelesaikan etape 6 dengan catatan waktu 4 jam 32 menit 34 detik. Ia unggul 55 detik atas Jesus Herrada (Cofidis) yang finis kedua. Sedangkan pembalap veteran Greg Van Avermaet (CCC) menduduki posisi ketiga dengan gap 2 menit 15 detik atas Lutsenko.

"Ini adalah kemenangan yang sangat penting bagi saya. Tour de France adalah balapan paling penting di dunia, jadi saya sangat senang," kata Lutsenko setelah balapan.

Hasil manis di etape 6 ini mengakhiri puasa kemenangan Lutsenko selama 348 hari. Ia terakhir kali naik podium di Memorial Marco Pantani pada 21 September tahun lalu. Sedangkan untuk Astana, ini adalah kemenangan etape Tour de France pertama bagi mereka sejak 2018.

Astana meraih dua kemenangan etape di Tour de France 2018. Saat itu itu Omar Fraile berhasil memenangkan etape 14. Sehari berikutnya, giliran Magnus Cort Nielsen yangunjuk gigi dan merebut etape 15. Astana menduduki ranking kelima di final team classification.

"Saya telah bekerja keras untuk meraih kemenangan seperti ini. Ini adalah etape yang kami (Astana) targetkan, dan saya senang itu membuahkan hasil. Kerja keras kami terbayar hari ini," ucap Lutsenko.

Adam Yates sukses mempertahankan jersey kuning setelah finis kesepuluh di etape 6

Sementara itu, Adam Yates (Mitchelton-Scott) berhasil mempertahankan yellow jersey. Pembalap Inggris ini finis kesepuluh. Ia terpaut gap 2 menit 53 detik atas Lutsenko. "Semua orang menghemat energi mereka dan menyimpannya untuk nanti. Kami bertahan dengan baik, dan berhasil mempertahankan jersey kuning," katanya.

Profil rute etape 7 Tour de France 2020

Berikutnya para pembalap para pembalap akan dihadapkan dengan rute flat di etape 7, Jumat (4/9) malam. Panjang rutenya 168 kilometer, dari Millau ke Lavaur. Ini jenis etape yang disukai hampir semua jenis pembalap. Etape yang disiapkan sebagai etape transisi.

Ada beberapa tanjakan pendek harus dilintasi, tapi kebanyakan di separuh awal etape. Sisanya banyak datar, sebelum berakhir dengan sprint finish. (mainsepeda)

Hasil Etape 6 Tour de France 2020 (Top Ten)
1. Alexey Lutsenko (Kazakhstan), Astana 4 jam 32 menit 34 detik
2. Jesus Herrada (Spanyol), Cofidis +55 detik
3. Greg Van Avermaet (Belgia), CCC Team +2:15
4. Neilson Powless (Amerika Serikat), EF Pro Cycling +2:17
5. Julian Alaphilippe (Prancis), Deceuninck-QuickStep +02:52
6. Bauke Mollema (Belanda), Trek-Segafredo +2:53
7. Michal Kwiatkowski (Polandia), Ineos Grenadiers +2:53
8. Egan Bernal (Kolombia) Ineos Grenadiers +2:53
9. Richard Carapaz (Ekuador), Ineos Grenadiers +2:53
10. Adam Yates (Inggris), Mitchelton-Scott +2:53

General Classification usai 6 dari 21 Etape (Top Ten)
1. Adam Yates (Inggris), Mitchelton-Scott 27 jam 3 menit 57 detik
2. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma +3 detik
3. Tadej Pogacar (Slovenia), UAE Team Emirates +7
4. Guillaume Martin (Prancis), Cofidis +9
5. Egan Bernal (Kolombia), Ineos Grenadiers +13
6. Tom Dumoulin (Belanda), Jumbo-Visma +13
7. Esteban Chaves (Kolombia), Mitchelton-Scott +13
8. Nairo Quintana (Kolombia), Arkea-Samsic +13
9. Romain Bardet (Prancis) AG2R la Mondiale +13
10. Miguel Angel Lopez (Kolombia), Astana +13

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 12

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Getty Images, Mitchelton-Scott


COMMENTS