Bernal Out, Roglic Jatuh, Kamna Curi Etape

Etape 4 Criterium du Dauphine 2020, Sabtu (15 Agustus) berlangsung penuh cerita. Sebelum dimulai, Egan Bernal (Team Ineos) mengundurkan diri karena cedera punggung. Di tengah lomba, dua bintang Jumbo-Visma jatuh secara terpisah. Steven Kruisjwijk harus out, sedangkan Primoz Roglic lebih beruntung dan mampu melanjutkan lomba dengan pakaian sobek-sobek.

Tampil sebagai pemenang? Juga mengejutkan. Dia adalah Lennard Kamna, pembalap muda Jerman yang membela Bora-Hansgrohe. Kamna merupakan bagian dari pasukan breakaway besar, yang melarikan diri dari peloton sejak awal etape sepanjang 153,5 km tersebut.

Kelompok ini terus mengecil ketika memasuki tanjakan penutup, Montee de l'artiport di Megeve, yang panjangnya 7,4 km. Saat itulah, para pelarian ini saling attack, saling mencoba merontokkan satu sama lain.

Kamna, 23 tahun, benar-benar tancap gas. Orang terakhir yang dia tinggal adalah David de la Cruz (UAE Team Emirates). Julian Alaphilippe (Deceuninck-QuickStep) finis di urutan ketiga.

Kemenangan ini tentu menghibur Bora-Hansgrohe, yang di awal etape juga kehilangan team leader-nya, Emanuel Buchmann. Dia terjatuh bersama Kruisjwijk.

Sekitar tiga menit kemudian, barulah rombongan unggulan mencapai garis finis. Primoz Roglic masih dilindungi dua rekannya, Tom Dumoulin dan Sepp Kuss. Dia pun tetap mempertahankan yellow jersey sebagai pimpinan general classification (GC).

Jumbo-Visma sekarang hanya berharap, luka-luka Roglic tidaklah terlalu parah dan dia bisa menuntaskan Dauphine sebagai juara overall. Hanya satu etape tersisa, Minggu ini (16 Agustus), yang start dan finis di Megeve.


Primoz Roglic melanjutkan balapan setelah sebelumnya terjatuh.

Jumbo-Visma juga tentu berharap, cedera bahu yang dialami Kruisjwijk tidak separah yang ditakutkan. Sehingga dia tetap bisa tampil di Tour de France, yang dimulai 29 Agustus nanti. Kalau tidak, ini adalah pukulan berat, mengingat pasukan tim Belanda ini begitu menyeramkan sepanjang Dauphine.


Steven Kruisjwijk jatuh dan harus out dari balapan.

Di sisi lawan, Team Ineos menyebut cedera punggung Egan Bernal tidaklah separah yang dikhawatirkan. Mereka hanya ingin berhati-hati agar bintang Kolombia itu bisa 100 persen saat Tour de France nanti.(mainsepeda)

Hasil Etape 4 Criterium du Dauphine 2020 (Top Ten)

1. Lennard Kamna (Jerman) Bora-Hansgrohe 4:27:56

2. David de la Cruz (Spanyol) UAE Team Emirates + 41 detik

3. Julian Alaphilippe (Prancis) Deceuninck-QuickStep + 56

4. Jack Haig (Australia) Mitchelton-Scott + 58

5. Kenny Elissonde (Prancis) Trek-Segafredo + 01:02

6. Fausto Masnada (Italia) CCC Team + 01:10

7. Michal Kwiatkowski (Polandia) Team Ineos + 01:19

8. Marc Hirschi (Swiss) Team Sunweb + 01:43

9. Thibaut Pinot (Prancis) Groupama-FDJ + 03:01

10. Primoz Roglic (Slovenia) Jumbo-Visma

General Classification usai 4 dari 5 Etape

1. Primoz Roglic (Slovenia) Jumbo-Visma 17:45:32

2. Thibaut Pinot (Prancis) Groupama-FDJ + 14 detik

3. Guillaume Martin (Prancis) Cofidis + 24

4. Mikel Landa (Spanyol) Bahrain-McLaren + 26

5. Daniel Martinez (Kolombia) EF + 26

6. Miguel Angel Lopez (Kolombia) Astana + 32

7. Nairo Quintana (Kolombia) Arkea-Samsic + 35

8. Richie Porte (Australia) Trek-Segafredo + 35

9. Tadej Pogacar (Slovenia) UAE Team Emirates + 01:17

10. Romain Bardet (Prancis) AG2R La Mondiale + 01:24

 

FOTO: ASO, Getty Images


COMMENTS