3 Event di Tiongkok Batal karena Pandemi Covid-19
by - August 12, 2020
3 Event di Tiongkok Batal karena Pandemi Covid-19
by MainSepeda - August 12, 2020

Tak ada agenda WorldTour di Tiongkok tahun ini. Union Cycliste Internationale (UCI) memutuskan untuk membatalkan Tour of Guangxi. Baik untuk kelompok putra dan putri. UCI juga membatalkan balapan yang masuk agenda Women's WorldTour, yakni Tour of Chongming Island.

Tour of Guangxi seharusnya digelar 5-10 November untuk kelompok putra, dan 10 November untuk kelompok putri. Sementara Tour of Chongming Island digeber 23-25 ​​Oktober. Sayang, dua agenda balap terbesar di Tiongkok itu harus dibatalkan tahun ini.

Tour of Chongming Island 2019

Pembatalan agenda balap di Tiongkok tak lepas dari pandemi Covid-19. Selain itu, hal ini juga terkait kemunculan virus corona baru (SARS-CoV-2). UCI menegaskan, pembatalan event balap di Tiongkok adalah permintaan dari pihak penyelenggara.

"Balapan ini memainkan peran penting dalam pengembangan road race. Tak hanya di Tiongkok, tetapi lebih luas lagi di Asia. Selain itu, kami ingin berterima kasih kepada penyelenggara yang peduli atas kerja sama mereka dalam situasi yang sulit ini. Kami Menantikan balapan ini pada 2021," bunyi pernyataan resmi UCI, Selasa (11/8) malam.

Tour of Guangxi 2019

Terpisah Direktur Tour of Guangxi Terry Zhang mengonfirmasi pembatalan balapan ini. Sebab otoritas olahraga di Tiongkok merekomendasikan untuk membatalkan semua kompetisi olahraga internasional yang diselenggarakan di negara itu pada sisa tahun ini.

"Dalam enam bulan terakhir ini, kami sudah melakukan yang terbaik untuk memastikan lomba bisa terselenggara sesuai jadwal. Tapi, sayangnya, pada akhirnya kami masih harus menerima kenyataan," terangnya.

Dengan demikian, UCI WorldTour 2020 akan berakhir di Vuelta Ciclista a Espana (20 Oktober - 8 November). Sedangkan UCI Women’s WorldTour 2020 akan ditutup pada 8 November dengan Ceratizit Madrid Challenge oleh La Vuelta (Spanyol). (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 8: Jangan Sampai Celaka Konyol di Jalan

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Getty Images


COMMENTS