Freddy Ovett dan ISN Akhirnya Pecah Telur

Kerja keras Freddy Ovett berbuah hasil memuaskan. Pembalap Israel Start-Up Nation (ISN) finis pertama di etape keempat Tour de France Virtual, Minggu (12/7) malam, dengan catatan waktu 58 menit 6 detik. Ia menyisihkan Nick Schultz (Mitchelton–Scott) dan Michael Valgren (NTT Pro Cycling).

Ovett nyaris memenangkan etape kedua Tour de France Virtual, Minggu (5/7) lalu. Akan tetapi, Julien Bernard (Trek-Segafredo) berhasil menyalipnya hanya beberapa meter sebelum garis finis. Bernard finis pertama, Ovett kedua, dan Nicolas Edet (Cofidis) finis ketiga.

Rider asal Autralia itu kembali mendapatkan kepercayaan untuk turun di etape keempat. Kali ini ia disokong oleh Rudy Barbier, Daniel Turek, dan James Piccoli. Kepercayaan itu dibalas dengan sempurna. Ovett sukses finis pertama. Ia memberikan podium perdana bagi ISN di Tour de France virtual ini.

"Kemenangan ini sangat berarti. Semua orang tahu saya menikmati Zwifting, dan saya hampir memenangkan balapan ini pekan lalu," ujarnya seusai balapan.

Etape keempat digelar di sirkuit Casse-Pattes. Panjangnya 45,8 kilometer. Para pembalap harus menjalaninya dalam dua putaran. Rintangan terberat yang harus ditaklukkan adalah Petit KOM. Letaknya di KM 20 dan KM 43, atau dua kilometer menjelang finis.

Tanjakan pamungkas inilah yang menentukan hasil hasil balapan ini. Setelah menanjak 2,7 kilometer dengan gradien rata-rata empat persen, para pembalap melalui turunan pendek, kemudian medan mendatar sepanjang satu kilometer.

Ada delapan pembalap di baris terdepan setelah pendakian terakhir. Mereka beradu sprint menuju mencapai garis finis. Kedelapan pembalap itu adalah Ovett, Schultz, Valgren, Turek, Michael Gogl (NTT), Lawson Craddock (EF), Will Clarke (Trek-Segafredo), dan Valentin Madouas (Groupama-FDJ).

Turek membuat manuver pada 500 meter terakhir. Tak lama kemudian Will Clarke berhasil menyalipnya. Akan tetapi, Ovett datang dari belakang dengan kecepatan penuh. Seketika ia menyalip Clarke untuk mengamankan podium pertama di etape keempat ini.

"Ini mungkin balapan Zwift terakhir saya untuk sementara waktu. Saya harus kembali ke jalan dan melakukan balap nyata. Jadi tidak ada lagi power-up. Semua kembali ke kenyataan," ucap imbuh pembalap 26 tahun tersebut.

Sementara itu, April Tacey finis pertama pada etape keempat balapan kategori putri. Ini adalah kemenangan kedua untuk pembalap tim Drops Cycling tersebut. Sebelumnya, rider cantik asal Inggris tersebut berjaya pada etape pertama. Sabtu (4/7) lalu.

Pembalap 19 tahun itu menyelesaikan etape keempat ini dengan catatan waktu 1 jam 4 menit 47 detik. Anna Henderson (Sunweb) dan Lauren Stephens (Tibco-Silicon Valley Bank) dipaksa puas menempati peringkat kedua dan ketiga.

"Rasanya luar biasa bisa memenangkan etape lainnya. Balapan kali ini benar-benar sangat sulit. Saya hampir tercecer di tanjakan terakhir. Saat turunan saya tidak percaya bisa memenangkan sprint," ucapnya dalam wawancara selepas balapan.

Tour de France virtual akan berlanjut dan berakhir pekan depan. Dua etape pamungkas akan diselenggarakan di sirkuit Mont Ventoux pada Sabtu (18/7) dan etape final di Champs Elysees, Minggu (19/7). (mainsepeda)

Hasil Etape 4 Tour de France Virtual (Top Ten)
1. Freddy Ovett (Australia), ISN 58 menit 6 detik
2. Nick Schultz (Australia), Mitchelton-Scott +0 detik
3. Michael Valgren (Denmark), NTT +0
4. Will Clarke (Australia), Trek-Segafredo +0
5. Valentin Madouas (Prancis), Groupama-FDJ +0
6. Lawson Craddock (USA), EF Pro Cycling +1
7. Daniel Turek (Ceko) ISN +2
8. Michael Gogl (Austria) NTT +2
9. Pier-Andre Cote (Kanana) Rally +10
10. Ben Gastauer (Luxembourg), Ag2r La Mondiale +11

General classification (Top Three)
1. NTT Pro Cycling – 263 poin
2. Rally Cycling – 188 poin
3. Trek-Segafredo (USA) – 162 poin

Points classification (Top Three)
1. NTT Pro Cycling – 188 poin
2. Mitchelton-Scott – 96 poin
3. CCC Team – 81 poin

Mountains classification (Top Three)
1. Israel Start-Up Nation – 28 poin
2. Alpecin-Fenix – 17 poin
3. EF Pro Cycling – 10 poin

Youth classification (Top Three)
1. NTT Pro Cycling Team – 32 poin
2. Team Ineos – 28 poin
3. Rally Cycling – 23 poin

Episode Keempat Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray: Tips beli sepeda, mahal atau murah? karbon atau besi?


Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Zwift, CyclingWeekly


COMMENTS