Matteo Dal-Cin Berjaya di Rute Baru 'France'

Matteo Dal-Cin (Rally Cycling) memenangkan sprint untuk merebut kemenangan di etape ketiga Tour de France virtual, sabtu (11/7) malam. Dal-Cin menyelesaikan etape ketiga dengan catatan waktu 59 menit 24 detik. Ia unggul tipis atas Jake Stewart (Groupama-FDJ) dan Callum Scotson (Mitchelton-Scott).

Pada etape ketiga ini untuk pertama kalinya Tour de France virtual menggunakan 'dunia' baru, yakni France. Rute ini dibuat senyata mungkin dengan lintasan aslinya di Prancis. Pembalap harus menyelesaikan dua lap di Sirkuit RGV. Panjang total rutenya 48 kilometer.

Pembalap favorit macam Elia Viviani (Cofidis), Nacer Bouhanni (Arkea-Samsic), Rudy Barbier (Israel Start-Up Nation), dan Jakib Marecnzko (CCC) turun di race ketiga ini. Pun demikian dengan juara bertahan Egan Bernal (Team Ineos) yang memulai debutnya di Tour de France virtual.

Sebuah gruppetto dibentuk lebih awal pada lap pertama cepat dengan 40 pembalap berada di dalamnya. Sedangkan lebih dari 15 pembalap berada di rombongan terdepan. Mereka memimpin lomba hingga beradu sprint menuju garis akhir.

NTT Pro Cycling tampak dalam posisi yang kuat untuk mengambil kemenangan di etape ketiga ini. Pemilik green jersey Edvald Boasson Hagen dan sprinter Max Walscheid bergabung dengan Rasmus Tiller dan Ryan Gibbons (yellow jersey) dalam perburuan pemenang untuk etape ketiga.

Terlepas dari langkah awal Gibbons, Jake Stewart (Groupama-FDJ) tampak finis pertama. Namun Dal-Cin lah yang dinyatakan sebagai pemenang etape ketiga ini. "Saya sangat senang bisa meraih hasil baik untuk tim," kata Dal-Cin selepas lomba.

Dal-Cin mengaku mendapatkan sejumlah tips dari Saris indoor racing team. Kemudian ia mengerahkan seluruh tenaganya untuk sprint sejak 200 meter terakhir. Usahanya tak sia-sia. Rider 29 tahun itu dinyatakan sebagai pemenang etape ketiga ini.

"Saya mendongak untuk melihat hasil akhir di layar dan melihat saya menjadi yang pertama. Jadi itu cukup keren," ucap pembalap kelahiran Ottawa itu.

Sayang kemenangan Dal-Cin belum cukup untuk mengangkat Rally Cycling ke puncak General Classification. NTT masih berada di posisi pertama dengan 193 poin. Di susul Rally (156 poin) dan Trek-Segafredo (127) poin. Dengan demikian, NTT akan memilih pembalap mana yang mengenakan yellow jersey pada etape keempat, Minggu (12/7) malam.

Sementara itu, Tanja Erath (Canyon-SRAM) menjadi pemenang lomba kategori putri. Mantan pemenang Zwift Academy menuntaskan etape ketiga dengan catatan waktu 1 jam 6 menit 24 detik. Erath menyisihkan Chloe Dygert (Twenty20) dan April Tacey (Drops).

"Saya sangat senang dengan kemenangan ini. Sirkuit ini memang cocok dengan sprinter. Saya belum pernah menjajalnya sebelumnya. Tapi rute ini cocok untuk saya. Sirkuit ini cukup teknikal untuk Zwifter dan sprint panjang yang rata bagus untuk saya," bilangnya seperti yang dilansir laman resmi Zwift. (mainsepeda)

Hasil Etape 3 Tour de France Virtual (Top Ten)
1. Matteo Dal-Cin (Kanada), Rally Cycling 59 menit 24 detik
2. Jake Stewart (Inggris), Groupama-FDJ +0 detik
3. Callum Scotson (Australia), Mitchelton-Scott +0
4. Ethan Hayter (Inggris), Ineos +0
5. Ryan Gibbons (Afrika Selatan), NTT +0
6. Rasmus Tiller (Norwegia), NTT +0
7. Koen de Kort (Belanda), Trek-Segafredo +0
8. Lorrezno Manzin (Prancis), Total Direct Energie +0
9. Jonas Rutsch (Jerman), EF Pro Cycling +0
10. Alex Kirsch (Luxembourg), Trek-Segafredo +0

General classification (Top Three)
1. NTT Pro Cycling – 193 poin
2. Rally Cycling – 156 poin
3. Trek-Segafredo (USA) – 127 poin

Points classification (Top Three)
1. NTT Pro Cycling – 161 poin
2. Mitchelton-Scott – 85 poin
3. CCC Team – 65 poin

Mountains classification (Top Three)
1. Israel Start-Up Nation – 17 poin
2. Alpecin-Fenix – 16 poin
3. EF Pro Cycling – 10 poin

Youth classification (Top Three)
1. NTT Pro Cycling Team – 24 poin
2. Team Ineos – 21 poin
3. Trek-Segafredo – 19 poin

Episode Keempat Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray: Tips beli sepeda, mahal atau murah? karbon atau besi?


Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Zwift


COMMENTS