Ryan Gibbons Menang Sprint untuk NTT

Ryan Gibbons (NTT Pro Cycling) memenangkan tahap pertama Tour de France virtual, Sabtu (4/7) malam. Ia menorehkan catatan waktu 45 menit 17 detik. Juara nasional Afrika Selatan tersebut mengalahkan nama-nama hebat seperti Greg Van Avermaet dan Mathieu van der Poel dalam adu sprint menjelang finis.

Sejumlah manuver terjadi di beberapa ratus meter menjelang finis. Guillaume Van Keirsbulck (CCC) melakukan serangan terlebih dahulu. Langkahnya diikuti Edvald Boasson Hagen (NTT) yang membuka jalan bagi rekan setimnya, Gibbons.

Gibbons sempat ditempel Van Avermaet. Namun rider 25 tahun tersebut telah mengatur waktu serangannya dengan baik sehingga sukses finis terdepan di etape pertama ini. Pier-Andre Cote (Rally Cycling) dan Nick Schultz (Mitchelton-Scott) berada di posisi kedua dan ketiga. Sedangkan Van der Poel duduk di urutan keempat.

"Saya merasa benar-benar kewalahan. Memenangkan etape pertama adalah sesuatu yang istimewa," katanya seusai lomba seperti yang dilansir laman resmi Zwift.

Balapan Tour de France virtual berlangsung platform Zwift. Etape pertama dilakukan di sirkuit Watopia sepanjang 9,1 kilometer. Diikuti 23 tim putra dan 16 tim putri, para pembalap harus menyelesaikan rute sirkuit ini dalam dalam empat kali putaran. Etape pertama ini memiliki empat intermediate sprint dan empat tanjakan KOM/QOM.

Darly Impey (Mithcelton Scott) memenangkan dua sprint di dua lap pertama. Sedangkan Philipp Walsleben (Alpecin-Fenix) mengamankan dua pendakian awal. Mike Teunissen (Jumbo-Visma) mengambil poin sprint di depan Edvald Boason Hagen pada lap berikutnya. Kemudian Freddy Ovett (ISN) menyisihkan Walsleben di pendakian ketiga.
Harry Sweeny dari Lotto Soudal mengambil sprint terakhir hari itu, mengalahkan Reinard Janse Van Rensburg (NTT). Sedangkan Nick Schultz (Mitchelton-Scott) merebut pendakian terakhir.

CCC kemudian memposisikan Van Avermaet di depan pada rute turunan 600 meter menjelang finis. Ketika para pembalap mendekati garis finis, Boasson Hagen tancap gas untuk membuka jalan bagi Gibbons. Gibbons membalasnya dengan sprint yang tak terbendung untuk memenangkan perlombaan. Kemenangan Gibbons di etape pertama ini membantu NTT memuncaki klasemen kategori tim.

Sementara itu April Tacey (Drops Cycling) menjadi pemenang untuk Tour de France virtual kategori putri dengan catatan waktu 51 menit 07 detik. Tempat kedua diduduki Kristen Faulkner (Tibco-Silicon Valley Bank). Sedangkan Chantal Van Den Broek-Blaak (Boels-Dolmans Cycling Team) berada di posisi ketiga.

"Saya tidak percaya bisa memenangkan etape pertama ini dan akan menggunakan jersey kuning untuk balapan esok hari," ujarnya selepas balapan.(mainsepeda)

Hasil Etape 1 Tour de France Virtual (Top Ten)
1. Ryan Gibbons (Afrika Selatan), NTT Pro Cycling, 45 menit 17 detik
2. Pier-Andre Cote (Kanada), Rally Cyling +0 detik
3. Nick Schultz (Australia), Mitchelton-Scott + 1
4. Mathieu van der Poel (Belanda), Alpecin-Fenix + 1
5. Freddy Ovett (Australia), Israel Start-Up Nation + 1
6. Edvald Boason Hagen (Norwegia), NTT + 1
7. Matteo Dal-Cin (Kanada), Rally Cycling + 1
8. Harry Sweeny (Australia), Lotto-Soudal + 1
9. Greg Van Avermaet (Belgia), CCC + 1
10. Michal Kwiatkowski (Polandia), Ineos + 2

General Classification
1. NTT Pro Cycling 
2. Rally Cycling
3. Alpecin-Fenix

Points classification
1. NTT Pro Cycling
2. Mitchelton-Scott
3. CCC Team

Mountains classification

1. Alpecin-Fenix
2. Bahrain McLaren
3. NTT Pro Cycling

Youth classification
1. Rally Cycling
2. Alpecin-Fenix
3. Lotto Soudal

Episode Ketiga Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray:

Audionya bisa juga didengarkan di Spotify


Foto: NTT, Zwift, Drops Cycling


COMMENTS