Rute Berubah, Vuelta 2020 Batal Melintasi Portugal

Penyelenggara Vuelta a Espana merilis rute baru untuk musim 2020. Vuelta tahun ini seharusnya melintasi Portugal. Akan tetapi pandemi Covid-19 membuat rencana ini dibatalkan. Sebagai gantinya pihak penyelenggara mengumumkan rute anyar, Jumat (12/6) malam.

Vuelta 2020 seharusnya melintasi tiga kota di Portugal, yakni Porto, Matosinhos dan Viseu. Etape 15 Vuelta 2020 seharusnya finis di antara daerah Porto dan Matosinhos. Sedangkan etape 16 start di Kota Viseu. Akan tetapi, rencana itu batal karena pandemi coronavirus.

"Dalam situasi yang luar biasa seperti ini, kami harus fleksibel dan memahami keputusan dan perubahan semacam ini. Sayang sekali Vuelta tidak bisa mengunjungi Portugal tahun ini. Tapi kami akan menjaga hubungan ini tetap baik,” kata Direktur La Vuelta Javier Guillen.

Dalam presentasi rute baru, etape 15 Vuelta 2020 akan start dari Mos Galician dan finis di Puebla de Sanabria. Para pembalap harus menaklukkan rute sepanjang 234,6 kilometer. Dengan demikian, etape 15 akan menjadi rute terpanjang di Vuelta tahun ini.

"Menilai berdasarkan jenis rute dan panjang panggung, ini akan menjadi hari yang menguntungkan bagi mereka yang melakukan breakaway. Ini adalah medan yang berliku dan akan sulit bagi peloton untuk mengendalikan breakaway itu," kata Direktur Teknis La Vuelta Fernando Escartín.

Sedangkan etape 16 berlangsung dari Salamanca menuju Ciudad Rodrigo. Panjang rutenya 162 kilometer. Pada etape ini Escartín berfokus pada tanjakan kategori 1 di El Robledo (Casares). Tanjakan ini berjarak 30 kilometer dari garis finis.

"Kemungkinan kelompok yang tereduksi. Terdiri dari 30-40 pembalap dan akan tiba bersama. Para pebalap yang berjuang untuk GC harus benar-benar berkonsentrasi. Karena kesalahan yang begitu dekat sampai akhir bisa sangat merugikan mereka," pesannya.


Vuelta a Espana 2020 seharusnya berlangsung 21 etape. Namun, pandemi coronavirus membuat tiga etape awal yang seharusnya digelar di Belanda terpaksa dibatalkan. Alhasil, Vuelta tahun ini hanya berlangsung 18 etape. Mulai 20 Oktober hingga 8 November. 

Balapan edisi ke-75 ini akan diikuti 22 tim. Sebanyak 19 di antaranya adalah UCI World Team, yakni AG2R La Mondiale, Astana, Bahrain McLaren, Bora–Hansgrohe, CCC, Cofidis, Deceuninck–QuickStep, EF Pro Cycling, Groupama-FDJ, Israel Start-Up Nation, Lotto Soudal, Mitchelton-Scott (Team Manuela Fundación), Movistar, NTT, Team Ineos, Jumbo–Visma, Team Sunweb, Trek–Segafredo, UAE-Team Emirates.

Balapan tahun ini juga diikuti Total Direct Energie sebagai pemimpin klasemen pemimpin klasemen tim Pro Continental 2019. Penyelenggara juga memberikan wildcard kepada dua tim Pro Continental asal Spanyol, yaini Burgos-BH dan Caja Rural-Seguros RGA.(mainsepeda)

Foto: Sarah Meyssonnier, La Vuelta


COMMENTS