Usianya memang belum genap 22 tahun. Namun Tadej Pogacar akan menjadi salah satu tulang punggung UAE-Team Emirates di Tour de France 2020. Si anak ajaib asal Slovenia ini masuk dalam skuad UAE-Team Emirates yang akan berjuang di Perancis tahun ini. Ini akan menjadi debutnya di Tour de France.

Menyusul perubahan jadwal WorldTour 2020 akibat pandemi coronavirus, tim UAE-Team Emirates turut membagi komposisi pembalapnya. Mereka telah mengumumkan daftar pembalap yang akan ditampilkan di tiga Grand Tour, yakni Giro d'Italia, Vuelta a Espana, dan Tour de France.

Pogacar sebenarnya minim pengalaman di Grand Tour. Ia hanya sekali berpartisipasdi Vuelta a Espana 2019. Meski begitu, debutnya di Negeri Matador berakhir manis. Ia menempati posisi ketiga di klasemen umum. Selain itu, Pogacar juga menjadi pembalap muda terbaik di event ini.

Dengan pencapaian apik di Vuelta musim lalu, Pogacar mendapatkan tugas baru pada tahun ini. Ia masuk dalam skuad yang diproyeksikan tampil di Tour de France. Pogacar akan berkolaborasi dengan Fabio Aru (Italia), Davide Formolo (Italia), David De la Cruz (Spanyol), Alexander Kristoff (Norwegia).

Untuk balapan di Giro d'Italia musim ini, UAE-Team Emirates mengandalkan Fernando Gaviria (Kolombia), Maximiliano Richeze (Argentina), Sebastian Molano (Kolombia), Brandon McNulty (Amerika Serikat), Joe Dombrowski (Amerika Serikat), Valerio Conti (Italia) dan Diego Ulissi (Italia).

Sedangkan komposisi tim UAE-Team Emirates di Vuelta Espana akan diisi David De la Cruz (Spanyol), Davide Formolo (Italia), Fabio Aru (Italia), Jasper Philipsen (Belgia), dan Rui Costa (Portugal). Komposisi di pembalap di tiga Grand Tour itu akan dilengkapi pada beberapa minggu ke depan.

UAE-Team Emirates menegaskan setiap regu berisi paket lengkap antara pembalap dengan tipikal climbers, sprinters, dan all-rounder. "Kami berhati-hati, tetapi juga optimistis," kata Kepala Tim UAE-Team Emirates Mauro Gianetti dalam keterangan resminya, Rabu (10/6) petang.

"Solidaritas dalam tim telah menjadi aset besar selama periode ini, dan kami bertujuan untuk meneruskannya saat kami kembali ke balapan," imbuhnya. Gianetti menerangkan, timnya telah bekerja keras untuk memastikan protokol keamanan yang layak ketika kembali ke lintasan balap.

Ia menambahkan, dilanjutkannya musim balap 2020 pada Agustus nanti akan menjadi kabar baik untuk pembalap, tim, pihak sponsor, maupun fans. "Para pembalap sendiri lebih termotivasi dari sebelumnya dengan kalender baru ini," tutur mantan pembalap berusia 56 tahun ini.(mainsepeda)

Foto: UAE-Team Emirates


COMMENTS