Lachlan Morton Ukir Rekor Baru di Kokopelli Trail
by - June 01, 2020
Lachlan Morton Ukir Rekor Baru di Kokopelli Trail
by MainSepeda - June 01, 2020

Jeda musim balap sepeda akibat pandemi coronavirus dimanfaatkan pembalap untuk menjajal tantangan baru. Setelah Emanuel Buchmann (BORA-Hansgrohe) yang coba memecahkan rekor Everesting, kini giliran Lachlan Morton yang unjuk gigi.

Pembalap tim EF Pro Cycling tersebut berhasil mencatat rekor baru untuk Kokopelli Trail di Colorado dan Utah. Morton bersepeda sejauh 140 mil, sekitar 225 kilometer, di jalur sepeda gunung (MTB) dengan catatan waktu 11 jam dan 14 menit.

Perjalanan yang dilakukan pada Sabtu (30/5) lalu tersebut, berhasil memecahkan rekor milik pembalap ultra-MTB, Kurt Refsnider (11 jam 52 menit). Eks pembalap Team Dimension Data (sekarang NTT) itu diklaim lebih lepat 38 menit dari catatan waktu milik Refsnider.

"Ini keren! Saya sangat menghormati Kurt untuk semua yang ia lakukan di balap ultra dan untuk semua yang ia lakukan di luar balap dengan rute backpacking besar. Juga atas semua yang ia lakukan untuk komunitas bersepeda," kata Morton.

"Tentu saja mendapatkan catatan itu bagus. Tapi aku senang aku punya hari yang menyenangkan di jalur trail itu," imbuh rider asal Australia iniĀ  seperti yang dinukil dari CyclingTips.

Telepas dari rekor barunya itu, Morton mengaku happy karena bisa bersepeda outdoor lagi. Sebab, pandemi coronavirus membuatnya harus berada di dalam rumah selama berbulan-bulan. Menurutnya, bisa bepergian keluar dan melakukan sesuatu adalah hal yang melegakan.

Sementara itu, Kokopelli Trail adalah jalur sepeda yang membentang dari Loma di negara bagian Colorado hingga Moab di negara bagian Utah di Amerika Serikat. Jalur ini dinamai demikian untuk menghormati mitos dewa kesuburan yang dihormati di kawasan barat daya Amerika Serikat, Kokopelli.

Jalur Kokopelli Trail dibuat pada 1989 oleh Colorado Plateau Mountain Bike Trail Association (COPMOBA). Mereka bekerja sama dengan Biro Pengelolaan Lahan Amerika Serikat (BLM) dan Dinas Kehutanan Amerika Serikat (NFS).(mainsepeda)


COMMENTS