Jakobsen Jadi Raja Sprint di The Challenge of Stars

Fabio Jakobsen (Deceuninck–Quickstep) menjadi pemenang kategori sprinter dalam balapan virtual bertajuk The Challenge of Stars, Sabtu (23/5) malam. Event yang diikuti delapan sprinter ini berlangsung di platform Bkool. Mereka beradu cepat di lintasan sepanjang 1,2 kilometer di kawasan pedesaan Tuscan.

Jakobsen menyisihkan juara dunia road race, Mads Pedersen (Trek Segafredo). Sedangkan Pascal Ackermann (Bora–Hansgrohe) menang lawan Nacer Bouhanni (Arkea–Samsic). Kemudian, Jakobsen mengalahkan Ackermann di semifinal, dan mendapatkan tiket ke partai puncak.

Di sisi lain, Filippo Ganna (Team Ineos) menang lawan Matteo Trentin (CCC) di delapan besar. Lawannya di semifinal, Jasper de Buyst (Lotto–Soudal) lolos setelah memenangkan duel melawan Tim Merlier (Alpecin–Fenix). Ganna mengalahkan De Buyst dan merebut tiket ke partai puncak.

Jakobsen melawan Ganna menjadi partai terakhir The Challenge of Stars di kategori sprinter. Juara nasional Belanda 2019 itu sukses menundukkan rider asal Italia dalam race 1,2 kilometer di pedesaan Tuscan. "Saya sangat senang atas keberhasilan ini," kata Jakobsen seusai pertandingan.

"1200 meter ini lebih panjang dari bunch sprint pada umumnya. Dan kaki saya sangat sakit saat ini. Saya mengeluarkan seluruh kemampuan saya pada 500 meter terakhir," imbuh Jakobsen seusai laga.

Sementara itu, Ganna sangat happy meski gagal mendapatkan kemenangan di ajang ini. Menurut rider muda Ineos tersebut, ia tidak beruntung karena mengalami sedikit masalah teknis mendekati akhir lomba. "Saya harus mengakui bahwa ini menyakitkan meski hanya 1200 meter," ujarnya.

The Challenge of Stars akan kembali berlangsung, Minggu (23/5) malam dengan adu kekuatan para climber. Mereka akan menghadapi pendakian sepanjang 2,9 kilometer di tanjakan Passo dello Stelvio dengan gradien rata-rata 8,69 persen.(mainsepeda)

Foto: Luc Claessen/Getty Images


COMMENTS