Swenson Pecahkan Rekor Everesting Milik Gaimon
by - May 19, 2020
Swenson Pecahkan Rekor Everesting Milik Gaimon
by MainSepeda - May 19, 2020

Rekor dunia Everesting yang dicatat mantan pembalap WorldTour, Phil Gaimon hanya bertahan kurang dari sepekan. Rekor tersebut berhasil dipecahkan oleh pembalap cross country (XC) asal Amerika Serikat, Keegan Swenson pada Jumat (15/5) lalu.

Gaimon memecahkan rekor dunia Everesting pada Senin (11/5) lalu. Ia berhasil menanjak total 8.918 meter dalam waktu hanya 8 jam dan 4 menit. Akan tetapi rekor tersebut tak bertahan lama. Adalah Swenson yang sukses mencatatkan waktu yang lebih baik daripada Gaimon.

Swenson, yang merupakan juara cross country di Amerika, berhasil menanjak total 9.046 meter, 29 kali naik-turun bukit, dengan catatan waktu 7 jam 51 menit dan 45 detik. Rider 26 tahun tersebut melakukannya di Utah, Amerika Serikat.

"Melakukan pendakian 14 menit, dalam 29 kali, selama (hampir) delapan jam, itu cukup melelahkan secara mental,” kata Swenson kepada cyclingTips.

"Dan itu juga melelahkan. Jenis penderitaan fisik yang berbeda. Panjang dan panjang. Dalam balapan, Anda berusaha keras, habis-habisan. Tetapi dengan keberhasilan ini rasanya menjadi seperti, inilah rencanaku," jabarnya.

Menurut Swenson, keberhasilan Gaimon memecahkan rekor Everesting yang dicatat Tobias Lestrell, membuatnya sangat termotivasi untuk menjajal langkah serupa. Kemudian Swenson mulai merencanakan untuk membikin rekor baru. Catatan anyar yang lebih cepat dari milik Gaimon sebelumnya.

"Pada awalnya saya berencana menyelesaikannya dalam delapan setengah jam. Kemudian Phil Gaimon mengukir rekor baru dan benar-benar meningkatkan permainan. Phil melakukan 60 repetisi. Bagi saya, itu terdengar sangat mengerikan. Saya mencoba melakukan tak lebih dari 30 repetisi," bilangnya kepada Cyclingnews.(mainsepeda)

Foto: Cris Fox, Dave McElwaine, mbaction


COMMENTS