Ashleigh Moolman-Pasio Hat-trick, Team Tibco-SVB Juara Overall

Pembalap Afrika Selatan, Ashleigh Moolman-Pasio, benar-benar luar biasa di Zwift Tour For All Professional kategori Women (perempuan). Andalan Tim CCC-Liv itu sukses memenangi etape kelima sekaligus terakhir, Jumat (8/5). Ini adalah kemenangan ketiganya di lomba virtual ini!

Etape 5 ini benar-benar epik. Rutenya 46,5 km, berakhir dengan tanjakan panjang Alpe du Zwift. Total menanjaknya sepanjang etape mencapai 1.682 meter!

Seperti ketika memenangi etape gunung sebelumnya (Etape 3), Moolman-Pasio langsung tancap gas begitu kelompok depan memasuki tanjakan Alpe du Zwift, yang merupakan replika dari Alpe d'Huez di Prancis. Kemudian, di tanjakan sepanjang 12,2 km dengan kemiringan rata-rata 8 persen itu, Moolman-Pasio terus tancap gas dan meninggalkan semua pesaing.

Ella Harris (Canyon-SRAM) mencoba mengejar, namun akhirnya finis 49 detik di belakangnya.

Bagi CCC-Liv, ini adalah kemenangan keempat dari lima etape. Superstar asal Belanda, Marianne Vos, memenangi etape pembuka. Namun, mereka tetap tidak berhasil merebut juara tim overall.

Zwift Tour For All Professional menggunakan format poin. Semakin banyak pembalap finis di depan, semakin banyak poin diraup. Dalam hal ini, yang paling rata kekuatannya adalah Tibco-Silicon Valley Bank asal Amerika Serikat. Tim itu menjadi juara overall. Dikunci oleh Sarah Gigante, yang finis di urutan ketiga di etape penutup.

Meski demikian, CCC-Liv tetap harus senang luar biasa. Bagaimana pun, lomba virtual tetap lebih baik daripada tidak ada lomba sama sekali akibat krisis Covid-19.

Ashleigh Moolman-Passo mengucapkan terima kasih kepada Zwift, juga kepada GCN dan Eurosport sebagai broadcaster. Lomba ini memberi perhatian kepada peloton perempuan, yang menempuh rute setara dengan perhatian media setara dengan laki-laki.

Mengenai suksesnya, Moolman-Passo mengaku memang rajin main Zwift selama masa lockdown dilarang keluar rumah. Bahwa dia berani agresif sejak kaki tanjakan, menurut dia itu memang karakternya.

"Saya punya reputasi kurang sabaran. Dan itu lebih kelihatan saat balapan di Zwift," ucapnya lantas tertawa. (mainsepeda)

Hasil Etape 5 Zwift Tour For All Professional (Top Ten)

1. Ashleigh Moolman-Pasio (Afsel), CCC-Liv 2:34:29

2. Ella Harris (Selandia Baru), Canyon-SRAM + 49 detik

3. Sarah Gigante (Australia), Tibco-SVB + 2:16

4. Pauliena Rooijakkers (Belanda), CCC-Liv + 3:12

5. Krista Doebel-Hickok (AS), Rally Cycling + 3:44

6. Jocelin Lowden (Inggris), Drops + 3:51

7. Leah Dixon (Inggris), Tibco-SVB + 4:12

8. Omer Shapira (Israel), Canyon-SRAM + 4:41

9. Lauren Stephens (AS), Tibco-SVB + 5:23

10. Kasia Niewiadoma (Polandia), Canyon-SRAM + 7:01

 

Klasemen Akhir Tim setelah 5 Etape

1. Tibco-Silicon Valley Bank 391 poin

2. Canyon-SRAM 359

3. CCC-Liv 314

4. Boels Dolmans 157

5. Twenty20 147

6. Rally Cycling 127

7. Drops 121

8. Valcar Travel & Service 117

9. FDJ Nouvelle-Aquitaine Futuroscope 85


COMMENTS