Jawara Tour de France Sudah Diperbolehkan Bersepeda di Kolombia

Pembalap profesional di Kota Zipaquira, Kolombia sudah diperbolehkan untuk berlatih di luar rumah selama pandemi coronavirus. Izin tersebut diberikan oleh pemerintah Kolombia terhadap sejumlah pembalap. Salah satunya adalah Egan Bernal (Team Ineos).

Menurut laporan EFE News Agency, ada beberapa pembalap profesional yang diizinkan berlatih di Kota Zipaquira. Selain Bernal, ada pula nama Brandon Rivera (Team Ineos), Jorge Camilo Castiblanco (Team Illuminate), Diego Orlando Vasquez (Colnago CM), dan Diyer Rincon (Focus Team VTT). Mereka sudah bisa beraktivitas outdoor sejak Senin (27/4) kemarin.

Pemerintah Kolombia memang sudah mengizinkan warganya untuk berolahraga di luar rumah selama satu jam setiap harinya. Khusus untuk Bernal dan kawan-kawan, mereka diizinkan bersepeda pada pukul 05.00 hingga 08.00. Syaratnya, mereka harus solo ride. Atau, mereka harus menjaga jarak minimal lima meter jika berlatih bersama.

Pembalap profesional lainnya seperti Nairo Quintana (Arkéa-Samsic), Sergio Higuita (Education First), dan Esteban Chaves (Mitchelton-Scott) sebenarnya juga berasal dari Kolombia. Mereka wajib mematuhi ketentuan pemerintah kecuali mereka mendapatkan dispensasi seperti Bernal dan kolega.

"Jika sebagian besar dari kita, bahkan WHO, setuju bahwa sepeda adalah salah satu alat transportasi teraman selama pandemi coronavirus, haruskah kita mencari cara di mana warga merasa lebih aman menggunakan alat transportasi ini? Apakah Anda pikir sudah waktunya untuk kembali ke roda dua?" tulis Bernal di akun Twitter-nya.(mainsepeda)


COMMENTS