Penundaan Tour de France 2020 Tuai Pro Kontra

Penundaan Tour de France 2020 memang sudah diprediksi serta diantisipasi. Sebab pandemi coronavirus di Perancis memang belum reda. Penundaan ini memantik reaksi beragam dari para pembalap. Ada yang pesimistis, ada pula yang yakin Tour de France tetap digelar tahun ini. Sebab balapan ini sangat dinantikan masyarakat.

Amaury Sport Organisation (ASO) sebagai penyelenggara Tour de France memutuskan untuk menunda balapan, Selasa (14/4) malam. Sehari sebelumnya, Senin (13/4), Presiden Perancis, Emmanuel Macron mengumumkan perpanjangan masa lockdown di negaranya hingga 11 Mei.

Macron secara tegas melarang kegiatan akbar yang berpotensi menyeret massa dalam skala besar. "Festival dan acara yang menghadirkan audiens dalam jumlah besar, tidak bisa diadakan setidaknya sampai pertengahan Juli," tegas Macron.

Masalahnya, Tour de France memiliki kriteria yang sesuai dengan apa yang disampaikan Macron. Ini adalah balapan paling bergengsi, paling besar. Penontonnya jutaan dari pelbagai belahan bumi. Oleh sebab itu ASO memutuskan untuk menunda balapan yang seharusnya digelar 27 Juni hingga 19 Juli itu.

"Tidak mungkin untuk melangsungkan Tour de France sesuai jadwal yang direncanakan. Kami akan berkonsultasi dengan UCI (Union Cycliste Internationale) untuk menentukan tanggal baru," bilang ASO seperti yang dilansir Associated Press, Selasa malam.

Penundaan itu mengudang beragam reaksi. Juara Tour de France 2018, Geraint Thomas sangat sangat berharap Tour de France tetap ada tahun ini. "Aku hanya berpikir jika Tour pasti akan terjadi. Aku tidak tahu kapan. Tapi semoga saja ada kabar bagus untuk semua orang," katanya kepada Sky Sports.

Pandangan berbeda disampaikan Thomas De Gendt (Lotto Soudal). Ia tak yakin musim balap 2020 bisa dilanjutkan. Baginya Paris-Nice adalah balapan terakhir tahun ini. "Saya tidak dapat membayangkan bahwa virus ini tiba-tiba menghilang dan semuanya akan kembali normal," kata De Gendt kepada VTM Nieuws, Selasa kemarin.

Hingga saat ini ada tiga opsi dan teori tentang jadwal anyar Tour de France 2020. Pertama, event ini digelar 25 Juli hingga 16 Agustus. Opsi kedua adalah digelar 2 Agustus hingga 25 Agustus. Opsi ketiga, Tour de France 2020 berlangsung 29 Agustus hingga 20 September.(mainsepeda)


COMMENTS