Tour de Suisse 2020 Ikut Gelar Balapan Virtual, 15 Tim WorldTour Turut Tampil

Balapan virtual Tour of Flanders 2020 dengan tajuk 'Lockdown Edition' sukses digelar, Minggu (5/4) kemarin. Keberhasilan ini membuat balapan virtual kian diminati di tengah pandemi Covid-19. Terbaru, balapan virtual Tour de Suisse 2020 bakal diikuti 15 tim WorldTour juga satu tim nasional.

Tour of Flanders 2020 'Lockdown Edition' berhasil mencuri perhatian di dunia. Memang, dari kalangan atlet, jumlah pembalap profesional yang berpartisipasi di ajang ini hanya 13 orang dari delapan tim yang berbeda. Meski demikian, event ini berjalan sukses. Greg Van Avermaet (CCC Team) menjadi pemenang dari balapan virtual ini.

Akhir April nanti giliran Tour de Suisse 2020 yang menggelar balapan virtual dengan titel 'The Digital Swiss 5'. Balapan virtual ini akan berlangsung dalam lima etape. Mulai 22 April hingga 26 April. Rencananya balapan virtual Tour de Suisse akan disiarkan langsung oleh Radio Swiss dan SRF TV.

Velon CC sebagai partner dari balapan virtual ini mengungkapan, jumlah peserta Tour de Suisse 2020 'The Digital Swiss 5' sebanyak 18 tim. Sekitar 15 di antaranya adalah tim WorldTour. Balapan ini juga akan diikuti satu tim ProContinental, satu tim continental, dan satu tim nasional. Namun masing-masing tim belum menyetor nama pembalap yang akan diturunkan.

"Kami kewalahan banyaknya tim yang mengkonfirmasi keikutsertaan mereka dalam The Digital Swiss 5 dalam waktu yang singkat. Ini menunjukkan kepada kita acara ini sangat dibutuhkan dan sangat dihargai. Kami berterima kasih kepada semua orang karena memiliki keberanian untuk bergabung dengan kami dalam petualangan ini," kata bos Tour de Suisse, Joko Vogel.

Berbeda dengan balapan virtual Milan-San Remo dan Tour of Flanders, Tour de Suisse akan diikuti tim-tim besar macam Ineos, Movistar, BORA-hansgrohe, dan Deceuninck-Quickstep. Keikutsertaan mereka memungkinkan pembalap top seperti Peter Sagan (BORA-hansgrohe), Chris Froome (Ineos), Alejandro Valverde (Movistar), dan Julian Alaphilippe (Deceuninck-Quickstep) turun di ajang ini.

"Kami ingin melakukan sesuatu yang semirip mungkin dengan balapan asli. Kami ingin memberi penggemar olahraga nyata untuk ditonton pada masa sulit ini," bilang CEO Velon, Graham Bartlett.(mainsepeda)

Daftar Tim Peserta Tour de Suisse 2020 'The Digital Swiss 5':

1. AG2R La Mondiale

2. BORA-hansgrohe

3. CCC Team

4. Deceuninck – Quick-step

5. EF Pro Cycling

6. Groupama-FDJ

7. Israel Start-Up Nation

8. Lotto Soudal

9. Mitchelton-Scott

10. Movistar Team

11. NTT Pro Cycling

12. Team INEOS

13. Team Jumbo-Visma

14. Team Sunweb

15. Trek-Segafredo

16. Total Direct Energie (ProContinental)

17. Rally Cycling (ProContinental)

18. Swiss National Team


COMMENTS