Tour de Suisse Gelar Balapan Virtual April Nanti

Milan-San Remo bukan satu-satunya ajang yang menggelar balapan virtual. Langkah serupa juga dilakukan oleh penyelenggara Tour de Suisse. Menggandeng ROUVY dan Velon, Tour de Suisse menggelar balapan digital bersama tim profesional terbaik di dunia. Ajang ini akan digelar 22-26 April mendatang.

Pandemi Covid-19 di perbagai penjuru dunia yang tak kunjung usai, menjadi alasan penyelenggara membuat balapan virtual Tour de Suisse 2020. Mereka juga mengajak tim-tim profesional untuk saling bersaing melalui platform Rouvy Indoor Cycling Reality.

Dalam format balap baru, The Digital Swiss 5, pembalap bersaing satu sama lain setiap hari di beberapa etape Tour de Suisse. Pembalap dapat melihat lintasan beserta suasananya di layar monitor secara real time.

Balapan virtual Tour de Suisse akan dilaksanakan 22-26 April 2020. Ajang ini bakal disiarkan langsung oleh Radio Swiss dan SRF TV.


Penyelenggara Tour de Suisse mengundang seluruh tim WoldTour untuk berpartisipasi di balapan virtual ini. Nantinya, setiap tim akan dibekali kamera untuk merekam, dan mengirimkan gambar para pembalapnya ketika mengikuti balapan ini. Aksi mereka bakal disiarkan langsung SRF TV.

Balapan virtual ini disambut baik oleh Stefan Kung (Groupama-FDJ). Rider asal Swiss ini mengatakan, pandemi Covid-19 adalah masa-masa sulit untuk seluruh masyarakat dunia. Virus ini menyebabkan sejumlah event diundur atau dibatalkan. Termasuk sejumlah balapan di dunia.


Pandemi coronavirus juga mempengaruhi ruang gerak pesepeda. Demi kemanan dan kesehatan bersama, banyak yang memilih bersepeda indoor. Menurut Kung, kondisi ini juga dirasakan para pembalap profesional. Mereka hanya dapat bersepeda di rumah.

"Oleh sebab itu, balapan digital semacam ini tentu saja merupakan ajang yang menarik. Ini juga menarik bagi para sponsor kami karena memungkinkan mereka untuk mendapatkan kembali perhatian," bilang King Kung, julukannya.


Gregory Rast, Direktur Olahraga Trek-Segafredo juga menyambut baik ajang ini. Menurutnya, membalap virtual adalah cara yang pesepeda profesional untuk tetap termotivasi dan memiliki pengalaman yang menyerupai balapan yang sebenarnya.

"Bagi tim kami, Tour de Suisse adalah balapan yang luar biasa dan penting. Kami berharap Tour de Suisse 2020 tak akan dibatalkan," ujarnya. Menurut kalender Union Cycliste Internationale (UCI), balapan resmi Tour de Suisse 2020 akan digelar 6-14 Juni mendatang.(mainsepeda)


COMMENTS