Nizzolo Tumbangkan Ackermann dan Stuyven dalam Adu Sprint

Giacomo Nizzolo (NTT Pro Cycling) merebut etape kedua balapan Paris-Nice 2020, Senin (9/3) sore waktu setempat. Nizzolo berhasil menjinakkan Pascal Ackermann (Bora-Hansgrohe), dan Jasper Stuyven (Trek-Segafredo) dalam adu sprint di beberapa meter jelang finis. Sprinter asal Italia menyelesaikan etape ini dengan catatan waktu 3 jam 49 menit 57 detik.

Etape kedua menyuguhkan rute sejauh 166,5 kilometer. Terbentang dari Chevreuse menuju Chalette-sur-Loing. Etape ini didominasi oleh rute mendatar. Hanya ada tiga tanjakan ringan, yakni Cote des Loges di KM 22, Cote de Bouville di KM 66, dan Cote du Pressoir di KM 75. Sisanya para pembalap hanya dihadapkan dengan medan flat.



Balapan kali dibuka dengan aksi breakaway yang dilakukan Jonathan Hivert (Total Direct Energie) dan Jose Manuel Díaz (Nippo Delko One Provence). Mereka membangun gap hingga dua menit. Namun pasangan ini berhasil tertangkap peleton di KM 62. Seluruh pembalap tergabung di rombongan besar pada 60 kilometer menjelang garis finis.

Drama mulai terjadi ketika memasuki wilayah pedesaan Perancis. Idola tuan rumah, Julian Alaphilippe (Deceuninck – Quickstep) coba menusuk. Namun aksinya digagalkan peleton. Usaha yang sama dilakukan Caleb Ewan (Lotto-Soudal) dan Sam Bennett (Deceuninck - Quickstep), tapi juga berakhir nihil. Sementara Nairo Quintana (Arkea–Samsic) sempat mengalami crash. Namun ia bisa melanjutkan balapan.

Rombongan mulai terpecah menjadi dua bagian. Kelompok terdepan terdiri dari 30 pembalap. Sisanya di baris kedua. Komposisi pemimpin lomba kembali terpecah pada 10 kilometer menjelang finis. Peter Sagan (Bora-Hansgrohe) melakukan manuver yang diikuti rekannya, Pascal Ackermann, dan Jasper Stuyven (Trek-Segafredo).


Hanya sebelas pembalap yang tersisa di kilometer terakhir, dengan Ackermann, Stuyven, dan Nizzolo sebagai sprinter terkuat. Sagan membuat serangan di 200 meter pamungkas. Ia membuka ruang bagi Ackermann untuk melancarkan aksinya.

Sayang, Ackermann mengendur beberapa meter jelang finis. Nizzolo pun merangsek ke depan untuk mengunci kemenangannya di etape kedua Paris-Nice ini. Ackermann dipaksa puas dengan posisi kedua. Sedangkan Stuyven finis ketiga.

Dalam wawancara seusai balapan, Nizzolo mengaku sengaja menunggu kesalahan yang dilakukan Ackermann. Saat kayuhan Ackermann melemah, ia langsung tancap gas. "Saya menunggu momen dan kemudian berhasil melewatinya," ucap sprinter 31 tahun itu.

Sementara itu, Max Schachmann (Bora-Hansgrohe) masih akan mengenakan jersey kuning setelah finis kedelapan di etape kedua. Ia terpaut gap tiga detik di belakang Nizzolo. Schachmann memuji rekannya, Peter Sagan yang dinilai bekerja keras di etape kedua ini.

"Peter (Sagan) melakukan upaya besar untuk memecah barisan depan. Kami memiliki peluang besar hari ini," kata Schachmann seusai lomba.(mainsepeda)

Hasil Etape 2 Paris-Nice 2020 (Sepuluh Besar)

1.Giacomo Nizzolo, NTT Pro Cycling 3 jam 49 menit 57 detik
2. Pascal Ackermann, Bora-Hansgrohe +0,00
3. Jasper Stuyven, Trek-Segafredo +0,00
4. Nils Politt, Israel Start-Up Nation +0,00
5. Sergio Higuita, EF Pro Cycling +0,00
7. Vincenzo Nibali, Trek-Segafredo +0,03
8. Maximilian Schachmann, Bora-Hansgrohe +0,03
9. Felix Grossschartner, Bora-Hansgrohe +0,03
10. Krists Neilands, Israel Start-Up Nation +0,03

General Classification Setelah Etape Kedua (Sepuluh Besar)

1. Max Schachmann, Bora-Hansgrohe, 7 jam 22 menit 6 detik
2. Giacomo Nizzolo, NTT Pro Cycling +0,15
3. Jasper Stuyven, Trek-Segafredo +0,21
4. Sergio Higuita, EF Pro Cycling +0,23
5. Nils Politt, Israel Start-Up Nation +0,25
6. Mads Würtz Schmidt, Israel Start-Up Nation +0,25
7. Felix Grossschartner, Bora-Hansgrohe +0,28
8. Krists Neilands, Israel Start-Up Nation +0,28
9. Vincenzo Nibali, Trek-Segafredo +0,28
10. Tiesj Benoot, Sunweb +0,38

Foto: ASO, Getty Images


COMMENTS