UCI Tunda Agenda Balap Sepeda di Tiongkok karena Coronavirus
by - February 21, 2020
UCI Tunda Agenda Balap Sepeda di Tiongkok karena Coronavirus
by MainSepeda - February 21, 2020

Coronavirus kembali berimbas ke pembatalan agenda balap sepeda di Tiongkok. Terbaru, Union Cycliste Internationale (UCI) memutuskan untuk menunda seluruh event balap sepeda di Negeri Tirai Bambu selama April hingga Mei.

UCI baru saja mengumumkan bahwa Tour of Chongming Island dibatalkan karena coronavirus. Tour of Chongming Island masuk dalam kalender UCI Women's World Tour 2020. Event ini seharusnya dilangsungkan 7-9 Mei. Jadwal pengganti akan diumumkan pada 15 Maret nanti. 

Selain itu UCI juga menunda Tour of Zhoushan Island yang dijadwalkan 12-14 Mei. Serta Tour of Taiyuan yang seharusnya digeber 31 Mei. Sebelumnya, UCI telah menunda Tour of Hainan yang seharusnya dilangsungkan 23 Februari hingga 1 Maret.

"UCI telah mengambil keputusan dengan Asosiasi Bersepeda Tiongkok untuk menunda seluruh agenda balap sepeda yang semula dijadwalkan April, dan Mei," kata UCI dalam pernyataan resminya, Jumat (21/2) malam.

Penundaan ini harus dilakukan untuk menghindari penyebaran coronavirus ke atlet, anggota tim, dan seluruh pihak yang terlibat dalam balapan. Terkait dengan event balap sepeda di luar Tiongkok, UCI akan memantau delegasi dari negara-negara yang berisiko coronavirus.

"Penting bagi UCI untuk mengawasi kesehatan semua atlet yang berpartisipasi dalam perlombaan internasional. Itulah sebabnya UCI menggarisbawahi pentingnya mematuhi rekomendasi yang diberikan WHO," tegas UCI.

Setelah penundaan event April dan Mei, Tiongkok dijadwalkan menggelar sejumlah event sepeda selama Juni hingga Oktober. Seperti Tour of Qinghai Lake (7–14 Juli ), Tour of Xingtai (23-25 Agustus), Tour of China I (29 Agustus–5 September), Tour of China II (7–13 September), dan Tour of Guangxi (15–20 Oktober).

UCI terus memantau perkembangan coronavirus di Tiongkok. Mereka belum memutuskan apakah event-event tersebut akan ditunda, atau berjalan sesuai jadwal.(mainsepeda)

Foto: Team Novo Nordisk


COMMENTS