Ford Rancang Jaket Khusus untuk Pesepeda
by - February 12, 2020
Ford Rancang Jaket Khusus untuk Pesepeda
by MainSepeda - February 12, 2020

Raksasa otomotif dari Amerika Serikat, Ford merancang jaket khusus untuk pesepeda. Prototipe jaket ini sudah diluncurkan beberapa hari lalu. Jaket ini adalah bagian dari kampanye share the road yang sedang digencarkan Ford di Eropa.

Jaket emoji. Itulah nama jaket buatan Ford tersebut. Sesuai dengan namanya, jaket ini bisa memunculkan sejumlah emoji melalui panel LED terintegrasi. Emoji ini diharapkan membantu cyclist berkomunikasi dengan pengguna jalan lainnya.

Jaket emoji buatan Ford bisa memunculkan emoji, penunjuk arah, dan sinyal peringatan atau bahaya. Cyclist bisa mengaktifkan setiap emoji, penanda arah, dan tanda bahaya menggunakan remot nirkabel yang dipasang di setang sepeda.

Emmanuel Lubrani dari Ford Eropa mengatakan, pesepeda biasanya harus melepaskan tangan dari setang jika ingin berbelok, atau menunjukkan sebuah tanda. Jaket emoji rancangan Ford ini membuat cyclist tak perlu melakukan hal tersebut.

“Jaket Emoji menggunakan sarana komunikasi yang dipahami secara universal untuk menunjukkan satu cara di mana ketegangan dapat dikurangi. Dan kita semua dapat belajar untuk berbagi jalan,” kata Lubrani.

Neil Cohn, asisten profesor di Universitas Tilburg, Belanda menambahkan, emoji telah menjadi bagian integral dari kemampuan manusia untuk mengekspresikan diri. Emoji juga menjadi bagian mendasar dari bagaimana manusia menggunakan bahasa.

“Jaket emoji memungkinkan pesepeda untuk mengekspresikan perasaan mereka. Serta menciptakan hubungan emosional yang penting antara mereka, dan pengguna jalan lainnya,” jelas akademisi di Departemen Komunikasi dan Kognisi Universitas Tilburg itu.(mainsepeda)


COMMENTS