Alejandro Valverde Pensiun Akhir Musim 2021

Megabintang asal Spanyol, Alejandro Valverde sudah menentukan akhir kariernya di dunia balap sepeda profesional. Juara dunia road race 2018 ini memutuskan pensiun setelah masa kontraknya di Movistar habis pada akhir musim 2021.

Valverde genap berusia 40 tahun pada April 2020 nanti. Ia telah membela Movistar sejak 2011. Kontraknya akan habis pada akhir musim 2021 mendatang. Dalam sebuah wawancara dengan media asal Spanyol, AS, Valverde menegaskan akan pensiun tahun depan.

Oleh sebab itu, Valverde ingin tampil prima, dan memberi hasil maksimal pada dua musim terakhirnya di Movistar. Salah satu gelar yang dibidik adalah medali emas Olimpiade 2020 di Tokyo, Jepang. Cabang olahraga balap sepeda di Olimpiade bakal berlangsung 25 Juli hingga 9 Agustus.

"Saya sudah pernah naik podium di tiga Grand Tour, balapan klasik, dan kejuaraan dunia. (Tapi) saya belum memiliki medali Olimpiade dalam resume prestasi saya," ungkapnya. Jika berhasil merebut emas di Tokyo, maka Valverde bisa pensiun dengan bangga.

Selain mengejar medali emas Olimpiade, Valverde akan berperan sebagai mentor bagi pembalap muda. Selain itu, ia juga bertugas mengader pembalap yang dipersiapkan sebagai leader Movistar pada masa depan. Seperti Enric Mas (25 tahun), dan Marc Soler (26 tahun).

"Movistar harus melakukan perubahan setelah beberapa tahun di mana kami mencapai hasil yang baik. Meskipun kadang-kadang kami tidak bekerja sebaik yang kami inginkan," imbuh Valverde.

Sementara itu, Valverde akan melakoni peran baru di tim biru langit seusai pensiun. "Bergabung di organisasi Movistar setelah pensiun membuat saya bersemangat. Saya ingin berkontribusi di lembaga ini dari posisi apa pun," katanya disela balapan Volta a la Comunitat Valenciana 2020.(mainsepeda)


COMMENTS