Chris Froome Akan Tampil di UAE Tour 2020

 

Nama-nama beken dikabarkan akan membalap di UAE Tour 2020, 23-29 Februari nanti. Megabintang seperti Chris Froome (Team Ineos), Alejandsro Valverde (Movistar), Mark Cavendish (Bahrain McLaren), dan Rohan Dennis (Ineos) disebut akan turun dalam balapan yang terbagi dalam tujuh etape itu.

Kabar partisipasi Froome di UAE Tour 2020 kali pertama dihembuskan oleh La Gazzetta dello Sport, Selasa (21/1) kemarin. Surat kabar asal Italia ini dimiliki oleh RCS Sport, perusahaan yang menjadi operator event balap sepeda internasional. Termasuk Giro d'Italia, dan UAE Tour.

Froome sendiri sudah mengikuti pemusatan latihan (TC) Team Ineos di Gran Canaria. Dalam pernyataan resmi di Ineos baru-baru ini, Froome mengungkapkan rencana untuk kembali ke lintasan balap. Ia membutuhkan beberapa balapan sebagai pemanasan sebelum turun di Tour de France 2020.

Melalui video berdurasi 20 detik yang diunggah di akun Instagram, dan Twitter miliknya, Froome memastikan bakal tampil di UAE Tour 2020. Froome memulai video tersebut dengan mengabarkan progres latihannya bersama Ineos di Gran Canaria.

"Halo semuanya. Pelatihan saya berjalan baik. Saya sekarang di Gran Canaria. Saya sangat senang untuk mengumumkan bahwa saya akan memulai musim ini di UAE Tour. Bulan depan. Start di Dubai," bilang Froome, Rabu (22/1)

Pemegang empat titel Tour de France ini menambahkan, "Ini adalah balapan yang saya lewatkan tahun lalu, jadi ini adalah tempat yang bagus bagi saya untuk memulai musim saya kali ini."

Froome bukan satu-satunya bintang yang dikaitkan dengan balapan yang menempuh rute sejauh 1.177 kilometer itu. Rekan se-tim Froome di Ineos, Rohan Dennis juga dikabarkan akan membalap di UAE Tour. Pun demikian dengan Cavendish, dan Valverde.

Selain nama-nama di atas, pembalap tenar lain yang dikabarkan akan mengaspal di UAE Tour adalah Tadej Pogacar (UAE-Team Emirates), Caleb Ewan (Lotto Soudal), Giulio Ciccone (Trek - Segafredo), dan Sam Bennett (Deceuninck - Quick Step).

Dalam presentasi rute yang diadakan Senin (20/1) kemarin dijelaskan, etape pertama akan menjadi santapan empuk untuk sprinter. Kemudian etape kedua menjadi rute terpanjang. Jaraknya 203 kilometer. Dari Dubai, Palm Jumeirah lalu finis di Hatta Dam yang memiliki gradien 17 persen.

Etape ketiga akan dimulai dari Sharjah, dan finis di Rafisa Dam. Ada dua tanjakan menjelang finis. Total jaraknya 198 kilometer. Etape keempat digeber dari Dubai Design District menuju Dubai City Walk. Jaraknya 171 kilometer. Konon, etape ini cocok untuk para sprinter.

Kemudian etape kelima yang berlangsung dari Al Ain menuju puncak Jebel Hafeet, disebut sebagai penentu pemenang balapan ini. Sementara dua etape terakhir diyakini kembali menjadi makanan para sprinter.

"Kami yakin UAE Tour akan terus tumbuh. Ini adalah balapan dengan daya tarik internasional yang kuat. Seperti halnya dengan semua balap sepeda kami," ujar Direktur Bersepeda RCS Sport dan Giro d'Italia, Mauro Vegni.


COMMENTS