Tahun 2020 tampaknya benar-benar jadi tahun "perang negara" di arena track (velodrome). Menuju Olimpiade 2020 di Tokyo, Jepang, sejumlah pabrikan menjual nasionalisme dalam meluncurkan produk-produk terbarunya.

Dua brand Inggris, Hope dan Lotus, berkolaborasi untuk membuat senjata baru yang radikal untuk memburu medali emas. Merek kondang Italia, Pinarello, telah merilis sepeda MAAT untuk timnas Italia. Pada peralihan 2019-2020, giliran Look maju ke depan untuk Prancis.

Look Cycle telah merilis T20, sebuah sepeda yang dirancang khusus untuk atlet Prancis di Olimpiade Tokyo. Sepeda ini diklaim "lebih" dalam segala hal bila dibandingkan dengan pendahulunya, R96. Lebih kaku 25 persen di area bottom bracket (BB), lebih tajam 11 persen dalam membelah angin, filosofi geometri lebih baik, serta bobot yang jauh lebih ringan. Bahkan diklaim 880 gram lebih ringan!

Hebatnya, Look mengklaim sepeda ini dibuat di Prancis, dengan kolaborasi bersama Mitsubishi (produsen material karbon). Untuk memastikan performa yang diinginkan, sepeda ini menjalani pengujian di terowongan angin maupun simulasi komputer.

Yang menarik buat penghobi sepeda di seluruh dunia, Look T20 tidak harus dipakai di velodrome. Ada dua versi tersedia. Versi "Speed" yang pakai drop bar, atau versi (TT). Pembeli bisa langsung mendapatkan modul lengkap, termasuk frameset, crank, seatpost, dan stem. Tinggal memilih jenis handlebar lalu membeli grupset, sadel, dan roda. (mainsepeda)


COMMENTS