Rotor 1x13, Beli Grupset Termasuk Wheelset
by MainSepeda - February 25, 2019

Tahun 2019 siap menjadi tahun yang bikin pusing calon pembeli grupset. Produsen Amerika, SRAM, barusan merilis SRAM Red eTap AXS 12-speed yang melompat ke depan. Tidak kompatibel dengan merek lain, bahkan dengan produk SRAM lama.

Sekarang, produsen asal Spanyol, Rotor, menyatakan siap menjual grupset 1x13 dalam waktu dekat. Ya, grupset 13-speed dengan bagian depan single chainring itu akan segera beredar, setelah hampir setahun diperkenalkan prototipenya.

Rotor 1x13 ini benar-benar beda dengan yang lain, dan hanya tersedia versi hydraulic. Saking bedanya, untuk beli disiapkan paket termasuk wheelset. Karena baru Rotor sendiri yang merilis freehub yang kompatibel dengan grupset ini.

Paket pertama adalah “Ultimate Performance.” Dengan paket ini, pembeli dapat grupset superlengkap dan mewah. Termasuk crankset yang dilengkapi 2inPower, yaitu power meter buatan Rotor sendiri. Juga dapat wheelset karbon.

Paket Ultimate Performance.

Lalu ada paket “Super Light.” Mirip dengan paket termahal, tapi tidak termasuk power meter.

Paket Super Light.

Di bawahnya ada paket “Adventure.” Lebih untuk pemakaian segala medan, termasuk gravel. Dalam paket ini, pembeli mendapatkan wheelset alloy.

Paket Adventure.

Terakhir, ada paket “Rotor 1x13 compatible.” Dengan paket ini pembeli tidak dapat wheelset. Tapi grupsetnya bisa disetel kompatibel dengan wheelset 12-speed merek lain. Tinggal menunggu kapan kelak upgrade ke wheelset yang juga 13-speed.

Paket Rotor 1x13 compatible.

Dengan konsep 13 gir di belakang, Rotor memang mencoba melakukan sesuatu yang berbeda. Apalagi dengan komitmen mereka hanya memakai single chainring (1x) di depan.

Menurut Rotor, saat merilis konsep ini tahun lalu, tidak ada banyak beda rasio antara 1x13 dengan grupset normal 2x. Grupset 2x 11-speed memang di atas kertas menawarkan 22 speed yang berbeda. Tapi kata Rotor, intinya hanya 14 kombinasi yang bisa dipakai. Jadi, 1x13 adalah alternatif yang lebih simple.

Dan dengan konsep lebih sederhana, komponen yang dipakai lebih sedikit. Bobot pun turun jauh. Grupset Rotor 1x13 diklaim tak sampai 1.800 gram. Sebagai pembanding, grupset Shimano Dura-Ace disc brake bisa sekitar 2.200 gram.

Kalau memang minat dengan Rotor, April ini seharusnya 1x13 sudah tersedia di pasaran. (mainsepeda)

 


COMMENTS