See.Sense, merek lampu sepeda ini sedang nge-hype di Inggris. See.Sense bukan sekadar lampu sepeda biasa. Ini adalah lampu yang bisa merekam data pesepeda, dan menganalisis bagaimana cyclist bereaksi ketika menghadapi pelbagai situasi sepanjang perjalanan.

Berdiri pada 2013 lalu, See.Sense adalah sebuah lampu yang dilengkapi sensor yang dapat merekam data pesepeda. Ide awalnya bermula ketika mereka mengubah keterangan cahaya untuk disesuaikan dengan lingkungan yang dilewati. Misalnya, lampu akan berkedip cepat saat melalui bundaran.



Lambat laun, lebih banyak data yang dalam terekam oleh lampu See.Sense. Sensor yang terpasang di lampu ini dapat merekam kondisi lingkungan sekitar selama 800 kali per detik. Kemudian, data yang terekam akan dianalisis, dan disimpulkan tentang apa yang terjadi di jalan.

"Jika kami bisa menyampaikan semua data ini, dan membagikannya ke pemerintah kota, itu bisa sangat kuat karena kami bisa melihat segala hal yang dialami pesepeda," bilang salah satu pendiri See.Sense, Irene McAleese kepada Evening Standard.



See.Sense telah menggandeng platform cloud Amazon, Amazon Web Services (AWS) sebagai mitra. Kerja sama ini memungkinkan penambahan lebih banyak fitur di lampu. Salah satunya adalah peringatan deteksi kecelakaan.

Fitur ini bisa memberi tahu kontak yang ditunjuk ke lokasi pesepeda jika terjadi insiden. Selain itu, juga ada peringatan deteksi pencurian yang menggunakan Bluetooth untuk menghubungkan langsung ke perangkat si pemilik sepeda.


Fitur ini telah di uji di Kota Manchester selama sembilan bulan, dan di London selama tiga bulan. Percobaan ini pun berhasil. Melalui uji coba ini, pemerintah di dua kota tersebut akhirnya tahu jalan atau rute mana saja yang populer bagi pesepeda.

"Mereka memberi tahu kami bahwa data itu membantu menginformasikan keputusan yang mereka buat di sekitar tempat untuk memperluas jalan yang sepi. Serta informasi tentang rute populer, dan bagaimana mereka digunakan," jelas McAleese.



Selain dilakukan di Manchester, dan London, uji coba ini juga dilakukan di kantor pusat Amazon. Hasilnya, perusahaan dapat mengetahui dampak bersepeda terhadap kesehatan, dan kesejahteraan karyawan secara keseluruhan.

Saat ini See.Sense sedang mengembangkan produk yang diberi nama 'Air'. Produk ini dapat melacak sepeda yang dicuri dalam kurun waktu tiga bulan.(mainsepeda)

Foto: seesense.cc


COMMENTS