Movistar 2020 Pakai Jersey Ale dan Grupset SRAM

Tim Movistar tetap akan kelihatan biru pada musim WorldTour 2020. Tapi kulit dan alat bantu geraknya beda. Setelah sekian lama disokong merek seragam Skotlandia, Endura, tim Spanyol ini akan bergeser ke jersey buatan Italia, Ale. Dan setelah puluhan tahun berkolaborasi dengan Campagnolo, tampaknya tim ini akan berpindah ke SRAM.

Movistar baru saja memperkenalkan barisan pembalapnya, men maupun women, dalam sebuah acara di Madrid. Kalau dilihat, seragamnya tetap biru muda yang transisi ke warna tua di bagian bawah. Dengan logo "M" besar di depan. Namun, kalau dilihat lebih detail, Ale menaruh ciri baru yang halus. Transisi warnanya tidak lagi gradasi halus, melainkan menggunakan titik-titik (dot).

Dalam kesempatan itu, para juara nasional juga tetap menggunakan warna khas bendera masing-masing. Alejandro Valverde, yang usai jadi juara dunia menjadi juara nasional, akan mengenakan jersey dominan putih, dengan warna bendera Spanyol di dada.

Kemungkinan, ini adalah seragam terakhir Valverde di arena dunia. Pembalap 40 tahun itu disebut akan pensiun di penghujung 2020.

Dalam peluncuran tim itu, memang tidak diperlihatkan sepeda yang akan mereka gunakan. Suplier frameset masih sama, yaitu Canyon dari Jerman. Logo Canyon masih ada di seragam.

Di balik layar, ada perubahan lain yang sangat signifikan. Bocoran foto latihan menunjukkan para pembalap Movistar menggunakan grupset merek Amerika, SRAM. Khususnya SRAM Red AXS eTap 12-speed.

Berarti, untuk kali pertama dalam sejarah tim, mereka tidak lagi memakai Campagnolo. Padahal, kolaborasi tim ini dengan Campagnolo sudah berlangsung selama 40 tahun! Termasuk waktu tim ini masih bernama Reynolds, Banesto, atau Caisse d'Epargne.

Dalam peluncuran tim, juga tidak terlihat wajah-wajah yang biasanya menghiasi sukses Movistar. Nairo Quintana sudah pindah ke Arkea-Samsic, Mikel Landa ke Bahrain-McLaren, serta Richard Carapaz ke Team Ineos.

Sebagai andalan di grand tour, selain Valverde, tim ini akan menampilkan Enric Mas. Pembalap hebat muda Spanyol yang sebelumnya membela Deceuninck-QuickStep.(mainsepeda)


COMMENTS