Pencapaian Terburuk Tim BMX Indonesia dalam Sejarah SEA Games

Tim BMX Indonesia yang berlaga di SEA Games 2019

Tim BMX Indonesia gagal meraih medali emas di SEA Games 2019. Dari tiga emas yang diperebutkan, Indonesia hanya membawa pulang satu perak. Ini adalah pencapaian terburuk tim BMX Indonesia di arena SEA Games.

Satu keping perak tersebut didapat oleh Toni Syarifudin dalam balapan Time Trial, Senin (9/12) kemarin. Toni tertinggal dari atlet muda Thailand, Komet Sukprasert yang berhak atas medali emas. Sementara perunggu disabet atlet Thailand lainnya, Sittichok Kaewsrikhao. 

Komet kembali mendapatkan medali emas dalam BMX Race, Selasa (10/12). Medali perak disabet atlet tuan rumah Filipina Daniel Caluag. Sedangkan Somkid Haratawan dari Thailand berhak atas medali perunggu.

Atlet Indonesia yang meraih emas di SEA Games 2017, I Gusti Bagus Saputra tercecer di peringkat keenam. Sedangkan Rio Akbar hanya finis di peringkat kelima. Kegagalan Bagus memang di luar perkiraan. Sebab ia digadang-gadang meraih emas di nomor ini.

“Saya melihat penampilan Bagus seperti tidak maksimal. Tidak keluar power-nya. Saya belum tahu persisnya mengapa. Sesegera mungkin kami adakan evaluasi,” ucap Dadang Haries Poernomo, kepala pelatih tim balap sepeda Indonesia.

Iyan Sopian, dan Januar Susanto juga tak berkutik di nomor freestyle. Medali emas, dan perak ini diamankan atlet Thailand, Art Pakphum Poosa, dan Chutchalerm Chaiwirotwit. Medali perunggu diambil atlet Malaysia, Sheikh Muhammad Taslim Shaikh Mohd Raziff.

Hanya menyabet satu perak menjadi catatan terburuk tim BMX Indonesia dalam sejarah SEA Games. Sejak dipertandingkan untuk kali pertama pada SEA Games 2011 silam, tim BMX Indonesia selalu berhasil meraih medali emas. 

Toni Syarifudin meraih medali perak. 

Pada SEA Games 2011, misalnya. Tim BMX Indonesia memperoleh dua emas dari Buamin, dan Elga Kharisma Novanda. Pada saat itu, Toni Syarifudin juga sukses menggondol perak. Sedangkan Suswanti merebut medali perunggu di kelompok putri.

Elga Kharisma juga mendapatkan emas di SEA Games 2013. Sementara Gusti Bagus harus puas dengan perunggu. Setelah absen di SEA Games 201, balapan BMX kembali dipertandingkan di SEA Games 2017.

Kali ini Indonesia berhasil mengawinkan emas lewat pencapaian Elga Kharisma dan Gusti Bagus. Sayang, rentetan hasil apik ini harus di SEA Games 2019. Indonesia tak mampu menghentikan dominasi Thailand yang merebut tiga emas nomor BMX di Filipina.

“Terus terang hasil BMX ini di luar dugaan,” ucap Manajer tim balap sepeda Indonesia, Budi Saputra, dilansir dari Antara.(mainsepeda)

 

*Dokumentasi PB ISSI

 


COMMENTS