Arkea-Samsic dan Cofidis Calon Tim WorldTour Baru

Federasi balap sepeda dunia, UCI, menyediakan 20 slot untuk tim WorldTour periode 2020-2022. Dan sekarang, sudah ada 20 tim yang mendaftarkan diri. Mereka adalah 18 tim yang sekarang sudah eksis, plus dua lagi yang ingin naik kelas dari level Pro Continental. Dua tim itu adalah Arkea-Samsic dan Cofidis, sama-sama dari Prancis.

Biasanya, pendaftaran dan verifikasi tim WorldTour dilakukan setahun sekali. Namun, mulai tahun ini, dibuat untuk tiga tahun ke depan. Jatah pun ditambah dari 18 menjadi 20.

Semula, ada empat tim yang dikira akan mendaftar sebagai anggota baru. Selain Arkea-Samsic dan Cofidis juga ada Vital Concept-B&B Hotels plus Total Direct Energie. Tapi, pada akhir pendaftaran, hanya dua yang mengajukan permohonan.

Seandainya lebih dari 20 tim mendaftarkan diri, maka UCI akan melakukan verifikasi berdasarkan prestasi, kemampuan finansial, dan ethics (track record dalam menuruti regulasi).

Kemungkinan besar, 20 tim itu semuanya akan dinyatakan lolos verifikasi. Dari 18 tim yang sudah eksis, dua akan ganti nama. Dimension Data akan berubah menjadi NTT, sedangkan Katusha-Alpecin menjadi Katusha-Israel Racing Academy (IRA). Yang terakhir itu karena terjadi merger antara Katusha dengan tim Pro Continental IRA.

Di antara pendaftar baru, Arkea-Samsic memang terbilang sangat agresif. Mereka telah merekrut juara Giro d’Italia dan Vuelta a Espana, Nairo Quintana. Selain itu, mereka juga punya sprinter hebat, Nacer Bouhanni.

Sementara itu, di level di bawah WorldTour, juga ada perubahan. Kategori Pro Continental berubah nama jadi “ProTeam.” Total ada 17 tim yang mendaftar.

Di kategori perempuan, UCI menyiapkan minimal lima slot untuk kategori Women’s WorldTour. Saat ini, sudah ada delapan yang mendaftar. Sebelum ini, tidak ada verifikasi khusus untuk tim perempuan. Asalkan mereka berada di urutan 15 besar dunia, maka tim itu dinyatakan level tertinggi. (mainsepeda)

 20 Tim Pendaftar UCI WorldTour 2020-2022 

1. AG2R La Mondiale
2. Astana Pro Team
3. Bahrain-Merida
4. Bora-Hansgrohe
5. CCC Team
6. Cofidis
7. Deceuninck-QuickStep
8. EF Education First
9. Groupama-FDJ
10. Lotto Soudal
11. Mitchelton-Scott
12. Movistar Team
13. NTT Pro Cycling Team
14. Team Arkea-Samsic
15. Team Ineos
16. Team Jumbo-Visma
17. Team Katusha-Israel Racing Academy
18. Team Sunweb
19. Trek-Segafredo
20. UAE Team Emirates 


 17 Tim Pendaftar UCI ProTeam 

1. Androni Giocattoli-Sidermec
2. B&B Hotels-Vital Concept
3. Bardiani CSF Faizane
4. Caja Rural-Seguros RGA
5. Corendon-Circus
6. Fundacion-Orbea
7. Gazprom-Rusvelo
8. Nippo Delko Marseille Provence
9. Rally Cycling
10. Riwal Readynez Cycling Team
11. Sport Vlaanderen-Baloise
12. Team Novo Nordisk
13. Neri Sottoli Selle Italia KTM
14. Total Direct Energie
15. Uno-X Norwegian Development Team
16. Wallonie Bruxelles
17. Wanty Gobert-Tormans

Delapan Tim Pendaftar UCI Women’s WorldTour

1. Ale BTC Ljubljana
2. Canyon-SRAM Racing
3. CCC-Liv
4. FDJ Nouvelle-Aquitaine Futuroscope
5. Mitchelton-Scott
6. Movistar Team Women
7. Team Sunweb
8. Trek-Segafredo

 


COMMENTS