Aiman Cahyadi Berjaya di Etape Kedua ITdBI 2019

Aiman Cahyadi tak kuasa menahan tangis setelah memenangi etape kedua International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) 2019, Kamis (26 September). Aiman mempersembahkan kemenangan pertamanya di ITdBI ini untuk almarhum M. Taufik, pembalap BRCC Banyuwangi yang berpulang 5 September lalu.

Pembalap dari PGN Road Cycling Team itu menuntaskan rute sejauh 148.2 kilometer dengan catatan waktu 3 jam 34 menit 4 detik. Aiman mengungguli Ismael Jr. Grospe dari Team Go For Gold dan Cristian Raileanu asal Team Sapura Cycling. Sementara pemilik yellow jersey, Maral-Erdene Batmunkh hanya finis di posisi ke-16.

“Saya sudah bernazar, jika memenangkan stage di Banyuwangi, saya akan mempersembahkan hadiahnya buat Mas Taufik. Alhamdulillah dengan niat baik, Tuhan melancarkan segalanya,” ucap Aiman dengan terisak tangis. Ini adalah kemenangan pertama Aiman sepanjang keikutsertannya di ITdBI.

Pencapaian Aiman di stage kedua ITdBI 2019 memang tak mudah. Etape ini mengambil start di Pantai Pancur di kawasan Taman Nasional Alas Purwo. Finisnya di depan kantor Pemkab Banyuwangi.

Mulanya seluruh pembalap bergabung dalam rombongan besar. Komposisi riders berubah menjelang sprint pertama di Purwoharjo, atau kilometer ke-32. Empat pembalap melakukan breakaway. Mereka meninggalkan rombongan besar dengan gap sekitar tiga menit.

Keempat pembalap itu adalah Jason Christie (Aisan Racing Team), Sofian Nabil Omar Mohd Bakri (Tim nasional Malaysia), Amir Kolahdozhagh (Taiyuan Miogee Cycling Team), dan Corbin Strong (George Continental Cycling Team). Mereka memimpin hingga 40 kilometer menjelang finis.

Keempat pembalap itu ditangkap peleton menjelang tanjakan di Pakel. Giliran pembalap dengan tipikal climber yang unjuk gigi. Aiman Cahyadi (PGN), Ismael Jr. Grospe (Go for Gold), Benjamin Prades (Team Ukyo), dan Salvador Guardiola (Kinan Cycling Team) mengambil alih balapan hingga garis akhir.

Hasil etape kedua mengubah susunan pembalap di klasemen umum. Jesse Ewart (Team Sapura Cycling) melesat ke posisi pertama. Ia berhak mengenakan yellow jersey.

“Sejujurnya saya tidak membuat taktik khusus karena tur ini tergolong berat. Kalau pebalap tidak sangat kuat, tidak mungkin hadir di sini,” bilang Jesse Ewart seusai race. 

Sedangkan pemenang etape pertama, Maral-Erdene Batmunkh melorot ke peringkat lima dan masih menggunakan green jersey. Sementara itu, meski finis di posisi ke-25, Selamat Juangga (KFC Cycling Team) masih berhak mengenakan red white jersey sebagai pembalap Indonesia terbaik.

“Saya sempat mengalami pecah ban pada 500 meter menjelang KOM. Meski demikian, saya bersyukur karena bisa mempertahankan red white jersey,” sebut rider 27 tahun itu. (mainsepeda)

Hasil Etape 2 International Tour de Banyuwangi Ijen 2019 (Sepuluh Besar)

1. Aiman Cahyadi, PGN Road Cycling Team 3 jam 34 menit 4 detik

2. Ismael Jr. Grospe, Go For Gold, +0.04

3. Cristian Raileanu, Team Sapura Cycling +0.04

4. Jesse Ewart, Team Sapura Cycling +0.15

5. Robbie Hucker, Team Ukyo +0.15

6. Michael Vink, St George Continental Cycling Team +0.15

7. Salvador Guardiola, Kinan Cycling Team +0.15

8. Jonel Carcueva, Team Go For Gold +0.17

9. Benjamin Prades, Team Ukyo, +0.22

10. Benjamin Dyball, Team Sapura Cycling +0.47

General Classification Setelah Etape 2 (Sepuluh Besar)

1. Jesse Ewart, Team Sapura Cycling 6 jam 37 menit 48 detik

2. Robbie Hucker, Team Ukyo +0.01

3. Michael Vink, St George Continental Cycling Team +0.07

4. Jonel Carcueva, Team Go For Gold +0.32

5. Maral-Erdene Batmunkh, Terengganu Inc. TSG Cycling Team +0.41

6. Marcos Garcia Fernandez, Kinan Cycling Team +0.57

7. Selamat Juangga, KFC Cycling Team +2.58

8. Aiman Cahyadi, PGN Road Cycling Team +4.04

9. Ismael Jr. Grospe, Go For Gold, +4.12

10. Cristian Raileanu, Team Sapura Cycling +4.14

 


COMMENTS