Dengan warna kita bisa menciptakan suasana teduh, dan damai. Pemilihan kelir tosca sebagai corak jersey Road Bike Brotherhood (RBB) Palembang bermakna keseimbangan emosional, stabilitas, ketenangan, dan kesabaran.

“Ini adalah hasil kesepakatan bersama anggota RBB. Sekaligus menjadi pembeda. Ketika masyarakat melihat cyclist dengan jersey tosca melintas di jalan, mereka tahu bahwa itu adalah RBB,” ucap Firmansyah, salah satu founder RBB.

Awalnya anggota RBB tergabung dalam sebuah komunitas bernama Brotherhood Sepeda Sehat (BSS). “Kalau di BSS semua sepeda ada. Mau pakai sepeda lipat, MTB, road bike, semua ada. Nah, di RBB semua anggotanya menggunakan road bike,” katanya.

Saat ini, RBB beranggotakan lebih dari 20 cyclist. Mereka berasal dari pelbagai macam background pekerjaan. Mulai dokter, anggota TNI, Polri, pengusaha, karyawan, kepala cabang. Semuanya ada.

Selasa, Kamis, dan Sabtu jadi hari wajib untuk gowes bersama. “Minimal 40 kilometer jaraknya,” kata Fifi, sapaan akrabnya. Pernah juga gowes dari Palembang ke Indralaya, Kabupaten Ogan Ilir pergi pulang. Jarak 120 km ditempuh dalam waktu 4 jam saja.

“Kami mencari jalanan yang bagus, yang mulus. Mau tanjakan atau tidak, yang penting jalannya bagus. Sebab road bike kan tidak bisa terperosok lubang,” tutur Fifi.

Setelah puas bersepeda, seluruh anggota RBB meluangkan waktu untuk sarapan bersama. Cara ini dinilai ampuh untuk menyolidkan RBB. Maklum, mayoritas anggotanya berkeluarga. “Jadi, tujuan kami berkumpul memang untuk berolahraga,” terang Ko Fifi.

Menurut Fifi, RBB bukan sekadar komunitas bersepeda. Lebih dari itu. Mereka membentuk keluarga baru. “Mendapatkan teman baru untuk kumpul-kumpul. Jadi, selain cari sehat, juga mencari teman. Itu adalah slogan kami," ucapnya.

Agar ada tantangan dan semangat latihan, anggota RBB berancang-ancang ikut even Gran Fondo New York (GFNY) Indonesia yang diselenggarakan di Pulau Bali, awal 2020 nanti. (mainsepeda)

 

Populer

Kolom Sehat: Tales of Unfortunate Events
Valtteri Bottas, Pembalap F1 Menuju Kejuaraan Dunia Gravel UCI
Preview Bromo KOM Kategori Men 60+: Ambisi Besar Soetanto Tanojo Rebut Kembali Gelar Bromo KOM 
Carlos Rodriguez Bungkus Gelar Juara Umum Tour de Romandie
Bike and Camp, Cara Unik Mumed CC Gelar Acara Halal Bihalal 
Kalender Event Mainsepeda 2024: East Java Journey Pertama, Bromo KOM X 18 Mei
Kolom Sehat: Sisi Lain Bromo
Tour de Romandie 2024 Etape 4: Puasa Kemenangan Eks Juara Olimpiade Berakhir di Leysin
Jajal Rute Cirebon-Tasikmalaya Bareng Komunitas, Azrul Ananda Melintasi Tanjakan Kaki Gunung Ciremai
Bromo KOM X Kategori Women Elite: Chika Zerra Berambisi Pertahankan Gelar