Chloe Dygert Juara Dunia ITT, Banjir Bikin U23 Jumpalitan

Dunia balap sepeda perempuan punya megastar baru. Namanya Chloe Dygert Owen. Pada Selasa (24 September), pembalap Amerika Serikat itu meraih gelar juara dunia women elite individual time trial (ITT).

Dygert, yang sebelumnya pernah jadi juara dunia junior, benar-benar menghancurkan semua pesaing. Dia menempuh rute 30,3 km dari Ripon ke Harrogate dalam waktu 42 menit dan 11,57 detik, berkecepatan rata-rata 43,1 km/jam! Padahal, hujan membuat lintasan basah dan licin!

Saking cepatnya, dia menang sangat jauh atas juara kedua, superstar Belanda Anna van der Breggen. Selisih waktunya 1 menit dan 32,35 detik!

Terlihat sekali kalau Dygert mengerahkan segalanya dalam lomba ini. Begitu melintasi garis finis, dia langsung merebahkan diri ke aspal basah, walau masih menjadi satu dengan sepedanya. Dia harus mendapatkan bantuan melepaskan sepatu dari pedal.

“Saya super happy dengan hasil ini. Saya sangat berterima kasih kepada semua pihak yang selalu mendukung saya selama ini,” kata pembalap 22 tahun itu usai lomba.

Dygert sebelumnya menjadi juara dunia junior pada 2015. Kemudian meraih gelar juara dunia di arena velodrome. Sayang, cedera sempat membuat karirnya tertahan. Sekarang, setelah pulih total, dia kembali menunjukkan kekuatan yang langka dalam sejarah!

Sebelum kejuaraan dunia ini, dia sudah terlihat luar biasa. Agustus lalu, dia mendominasi Colorado Classic, balapan perempuan paling bergengsi di Amerika. Dia memenangi semua etape dan merebut semua jersey juara! Mulai jersey overall, ratu tanjakan, sprinter terbaik, hingga pembalap muda terbaik.

Ketika ditanya soal cuaca yang begitu buruk di Yorkshire, Dygert menjawab dengan ringan. “Saya tinggal di negara bagian Washington (sekitar Seattle, Red). Di sana selalu hujan, saya terbiasa bersepeda saat hujan,” ucapnya.

Dengan hasil ini, Dygert pun menjadi unggulan pula di women elite road race, yang akan berlangsung Sabtu, 28 September nanti.

MEN U23 JUMPALITAN

Hujan yang sempat menunda kelas women elite sebelumnya benar-benar mengganggu kategori men U23. Hujan begitu lebat, mengakibatkan banjir atau genangan air dalam di beberapa bagian lintasan Harrogate. Beberapa pembalap sempat jumpalitan saat menghantam genangan air tersebut.

Pada akhirnya, di kelas U23 ini, muncul juara dunia yang sama dengan dua tahun sebelumnya. Mikkel Bjerg (Denmark) berhasil menjadi juara dunia ITT U23 untuk tahun ketiga berturut-turut.

Dia mengalahkan duo Amerika Serikat, Ian Garrison dan Brandon McNulty. Ini merupakan kiprah terakhir Bjerg di kelas U23. Tahun depan dia akan bergabung di tim WorldTour, UAE Team Emirates. (mainsepeda)

UCI Road World Championships 2019

Women Elite Individual Time Trial

1. Chloe Dygert Owen (AS) 42 menit 11 detik

2. Anna van der Breggen (Belanda) + 1 menit 32 detik

3. Annemiek van Vleuten (Belanda) + 1:53

Men U23 Individual Time Trial

1. Mikkel Bjerg (Denmark) 40 menit 20,42 detik

2. Ian Garrison (AS) + 26 detik

3. Brandon McNulty (AS) + 27 detik

Foto : Bettini Photos, Getty Images dan twitter UCI 

 

 

 


COMMENTS