Nikias Arndt Menang “Ice Skating,” Nicolas Edet Curi Jersey Merah

Benar-benar tidak ada etape “normal” di Vuelta a Espana 2019. Etape 8 Sabtu (31 Agustus) jadi ikutan mendebarkan karena hujan lebat yang turun membuat jalanan jadi seperti arena ice skating. Beberapa pembalap jatuh terpeleset, bahkan motor yang membawa kamera televisi juga ikut terpeleset.

Pada akhirnya, terjadi adu sprint di penghujung etape 166,9 km menuju Igualada tersebut. Melibatkan belasan pembalap yang berhasil memisahkan diri dari peloton. Tampil sebagai pemenang: Nikias Arndt (Team Sunweb). Pembalap Jerman berusia 27 tahun itu tancap gas pada momen yang tepat, mengejutkan para pesaing. Alexander Aranburu lantas finis kedua untuk tim Pro Continental, Caja Rural-Seguros RGA.

Sebenarnya, Team Sunweb punya dua pembalap di kelompok terdepan ini. Martijn Tusveld adalah pembalap yang lain, dan sempat mencoba melarikan diri duluan pada km-km terakhir. Tapi, di sebuah bundaran, dia tergelincir dan jatuh.

Berbahagialah Team Sunweb, Arndt mampu mengobatinya dengan kemenangan. “Ini luar biasa. Saya sudah berniat ikut breakaway. Dan bisa bergabung di dalamnya lalu meraih kemenangan sangatlah sulit dipercaya. Saya super happy,” kata Arndt, yang sebelumnya pernah memenangi sebuah etape di Giro d’Italia.

Karena kondisi yang licin dan menantang, peloton utama berisikan para unggulan memilih untuk gencatan senjata. Termasuk di dalamnya sang pemimpin general classification (GC), Miguel Angel Lopez (Astana). Mereka memilih finis aman bersama, walau tertinggal lebih dari sembilan menit di belakang juara etape.

Sebagai konsekuensi, Miguel Angel Lopez harus kembali rela melepaskan red jersey. Baju merah tanda pemimpin lomba itu direbut oleh peserta breakaway lain, Nicolas Edet (Cofidis Solutions Credits).

Namun, andai situasi berlangsung “normal,” Edet mungkin hanya mengenakannya sehari. Karena Etape 9 Minggu ini (1 September) dirancang untuk para pemburu juara overall yang sebenarnya.

Etape 9 ini memang termasuk yang paling ditunggu oleh peloton La Vuelta 2019. Di satu sisi, ini etape terakhir “pekan” pertama menjelang hari libur pertama Senin nanti (2 September). Setelah beberapa etape mendebarkan, semua menantikan hari istirahat.

Di sisi lain, Etape 9 Minggu ini tergolong paling menantang. Panjang rute dari Andorra la Vella ke Cortals d’Encamp hanyalah 94,4 km, tapi berisikan lima tanjakan panjang!

Semua unggulan/pemburu juara benar-benar harus tancap gas dari start dari finis, mengamankan posisi di klasemen GC sebelum hari istirahat! (mainsepeda)

Hasil Etape 8 Vuelta a Espana 2019 (Top Ten)

1. Nikias Arndt (Jerman) Team Sunweb 3:50:48

2. Alexander Aranburu (Spanyol) Caja Rural-Seguros RGA

3. Tosh van der Sande (Belgia) Lotto Soudal

4. Ruben Guerreiro (Portugal) Katusha-Alpecin

5. Jonas Koch (Jerman) CCC Team

6. Dylan Teuns (Belgia) Bahrain-Merida

7. Jonathan Lastra (Spanyol) Caja Rural-Seguros RGA

8. Tobias Ludvigsson (Swedia) Groupama-FDJ

9. Fernando Barcelo (Spanyol) Euskadi Basque Country-Murias

10. Sergio Luis Henao Montoya (Kolombia) UAE Team Emirates

General Classification usai 8 dari 21 Etape

1. Nicolas Edet (Prancis) Cofidis 8:16:24

2. Dylan Teuns (Belgia) Bahrain-Merida 0:02:21

3. Miguel Angel Lopez (Kolombia) Astana Pro Team 0:03:01

4. Primoz Roglic (Slovenia) Jumbo-Visma 0:03:07

5. Alejandro Valverde (Spanyol) Movistar 0:03:17

6. Nairo Quintana (Kolombia) Movistar 0:03:28

7. Carl Frederik Hagen (Norwegia) Lotto Soudal 0:03:45

8. Rafal Majka (Polandia) Bora-Hansgrohe 0:04:59

9. Tadej Pogacar (Slovenia) UAE Team Emirates 0:05:37

10. Esteban Chaves (Kolombia) Mitchelton-Scott 0:05:53

Foto: Getty Images 

 


COMMENTS